Pelindo Kelola Empat Pelabuhan

id Pelindo

Pelindo  Kelola Empat Pelabuhan

General Manager PT Pelindo III Kupang, Boy Rubyanto.

"Saat ini penyerahan pengelolaan empat pelabuhan itu prosesnya masih di Kementerian Perhubungan Laut. Targetnya sekitar pertengahan tahun ini sudah dialihkan ke Pelindo," kata General Manager PT Pelindo III Kupang Boy Rubyanto.

Kupang,  (Antara NTT) - PT Pelindo III Kupang segera mengelola empat pelabuhan yakni Pelabuhan Labuan Bajo dan Reo di Pulau Flores serta Atapupu dan Wini di Pulau Timor.


"Saat ini penyerahan pengelolaan empat pelabuhan itu prosesnya masih di Kementerian Perhubungan Laut. Targetnya sekitar pertengahan tahun ini sudah dialihkan ke Pelindo," kata General Manager PT Pelindo III Kupang Boy Rubyanto saat dihubungi Antara di Kupang, Jumat.


Ia mengatakan kementerian terkait masih membicarakan dengan Dirjen Kekayaan Negara mengenai pola kerja sama pengelolaan pelabuhan.


"Meskipun sesama BUMN, memang harus dibicarakan terlebih dahulu karena ini aset negara. Apakah polanya dengan hibah penerimaan, kerja sama operasi, atau seperti apa polanya itu yang masih dibahas," katanya.


Penyerahan wewenang tersebut akan menambah jumlah pelabuhan yang dikelola Pelindo III di Nusa Tenggara Timur menjadi delapan pelabuhan.


Saat ini, sudah empat pelabuhan yang dikelolah Pelindo III, yakni Pelabuhan Tenau Kota Kupang, Waingapu (Ibu Kota Kabupten Sumba Timur), Kalabahi (Ibu Kota Kabupaten Alor), dan Kota Ende.


Beberapa pelabuhan yang dikelola saat ini, kata dia, juga dimanfaatkan untuk jalur persinggahan kapal tol laut, seperti Tenau, Kalabahi, dan Waingapu.

Sementara untuk empat pelabuhan yang akan dialihkan tersebut, lanjut dia, nantinya disesuaikan pula untuk menunjang kepentingan persinggahan kapal tol laut.