Calon Haji Kota Kupang Gelar Pramanasik

id Haji

 Calon Haji Kota Kupang Gelar Pramanasik

Haji (Haji)

"Pramanasik ini kami inisiasi memberikan kepastian bagi jamaah untuk paham apa yang harus dilakukan di tanah suci saat menunaikan ibadah haji nantinya,"
Kupang, (Antara NTT) - Jamaah calon haji Kota Kupang yang akan mengikuti ibadah haji 2017 kini sedang melakukan pramanasik untuk memastikan kesiapan pelaksanaan saat menunaikan ibadah di tanah suci.

"Pramanasik ini kami inisiasi memberikan kepastian bagi jamaah untuk paham apa yang harus dilakukan di tanah suci saat menunaikan ibadah haji nantinya," kata Kepala Kantor Kemeneterian Agama Kota Kupang Ambros Korbafo di Kupang, Rabu.

Kegiatan pramanasik ini adalah yang pertama dan satu-satunya dilakukan di Kota Kupang.Dalam kegiatan ini jamaah calon haji akan dibimbing terkait teknis dan cara beribadah.

"Kegiatan ini juga akan dilanjutkan ditahapan manasik sebelum mendapat jadwal keberangkatan," katanya.

Sampai saat ini kata dia, Kementerian Agama Kota Kupang masih menanti ketetapan pihak Kementerian Agama RI soal jadwal dan waktu keberangkatan.

Sesuai jadwal, Kementerian Agama RI telah menetapkan dua gelombang waktu keberangkatan jamaah calon haji musim haji 2017.

Untuk gelombang pertama ditetapkan pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2017. Sedangkan untuk gelombang kedua pada 12 Agustus sampai 24 September 2017. "Kita masih menanti Kota Kupang masuk gelombang keberangkatan berapa. Kita tunggu saja," kata Ambros.

Dia memastikan untuk keberangkatan 2017 ini akan berlangsung lancar karena pihak Kantor Kementerian Agama terus melakukan komunikasi dengan sejumlah lembaga terkait untuk kelancaran proses hingga keberangkatannya.

Terkait jumlah jamaah yang akan diberangkatkan di musim haji 2017, Ambros menyebut sebanyak 222 orang haji. Jumlah ini mengalami kenaikan dari sebelumnya di musim haji 2016 silam hanya berjumlah 159 orang saja.

Meskipun alami kenaikan yang tidak terlalu tinggi namun hal itu ikut mengurangi daftar tunggu calon haji yang sudah mendaftar sebagai daftar tunggu sejak 2010 hingga 2013 silam.

Saat ini telah ada sebanyak 1.826 orang yang masuk dalam daftar tunggu untuk bisa berhaji. Daftar tunggu ini pun masih harus menanti proses sesuai nomor antrean yang dimiliki saat pendaftaran dilakukan secara online.

"Jadi dengan penambahan kuota ini akan bisa membuka peluang percepatan daftar tunggu yang sudah ada," katanya.

Dengan jumlah kuota yang ditetapkan Kementerian Agama untuk musim haji 2017 berjumlah 222 orang jamaah itu, Kota Kupang menempati urutan teratas jumlah kuota haji Provinsi Nusa Tenggara Timur di antara 22 kabupaten lainnya.

Menurut dia untuk provinsi berbasis kepulauan itu pemerintah mengalokasikan 665 kuota haji di musim haji 2017 ini. "Dan Kota Kupang mendapat jatah 222 orang haji. Lebih besar dari kuota di kabupaten lainnya," katanya.

Terhadap pemeriksaan kesehatan untuk calon haji, Ambros mengatakan akan dilakukan terpusat di RSUD SK Lerik, milik Pemerintah Kota Kupang.

Dilakukan terpusat agar lebih bisa diawasi dan dikontrol serta memudahkan jangkauan layanan kepada para jamaah calon haji yang ada. "Kami sudah komunikasi dengan Pemerintah Kota Kupang untuk penggunaan fasilitas rumah sakit itu untuk pemeriksaan kesehatan jamaah calon haji 2017 ini," katanya.