Basarnas Selamatkan Seorang Nelayan

id nelayan

Basarnas Selamatkan Seorang Nelayan

Basarnas Kupang berhasil menyelamatkan seorang nelayan yang hilang di perairan Tablolong, Kupang Barat, NTT.

Tim Basarnas Kupang berhasil menyelamatkan Syawal (26), nelayan asal Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, NTTyang hilang ketika pergi mencari ikan di perairan setempat.
Kupang (Antara NTT) - Tim Basarnas Kupang berhasil menyelamatkan Syawal (26), nelayan asal Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur yang hilang ketika pergi mencari ikan di perairan setempat, Senin (10/7).

"Korban dilaporkan menghilang sejak Senin (10/7) ketika pergi mencari ikan mengunakan perahu body, namun hingga Selasa (11/7) siang korban belum pulang ke rumah sehingga pihak keluarga melapor ke Basarnas Kupang untuk melakukan pencarian terhadap korban," kata Humas Kantor Basarnas Kupang Nela Amabi kepada Antara di Kupang, Selasa.

Menurut Nela, setelah mendapat laporan ada nelayan yang hilang, Basarnas Kupang langsung melakukan operasi pencarian dengan mengerahkan 11 orang anggota SAR didukung satu unit rescue car, satu unit rubber boat 25 PK untuk melakukan pencarian di sekitar perairan Aircina, tempat korban mencari ikan.

Ia mengatakan, setelah melakukan pencarian selama empat jam, nelayan asal Desa Tablolong itu ditemukan dalam kondisi selamat, ketika sedang terombang ambing di tengah arus laut yang keras di perairan itu.

"Korban ditemukan tim SAR di perairan Aircina, Selasa (11/7) sekitar pukul 15.00 Wita dalam kondisi selamat," kata Nela.

Ia menjelaskan, setelah ditemukan tim SAR, korban yang berprofesi sebagai nelayan itu langsung diserahkan kepada keluarga korban di Desa Tablolong.

Nela menghimbau kepada nelayan di NTT untuk tetap waspada ketika pergi melaut mencari ikan karena kondisi perairan NTT masih diwarnai angin kencang sehingga bisa mengancam keselamatan nelayan ketika mencari ikan di perairan lepas.