Anggota Satgas Yang Hanyut Dalam Kondisi Baik

id SAR

Anggota Satgas Yang Hanyut Dalam Kondisi Baik

Empat anggota TNI-AD dari Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Puter) Pulau Batek, Nusa Tenggara Timur yang dilaporkan hilang, kini berhasil ditemukan Tim Basarnas. Keempat anggota Satgas Puter tersebut saat tiba di Pelabuhan Navigasi Kupang

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan empat prajurit Satgas Pengamanan Pulau Terluar pulau Batek yang hanyut dibawa gelombang saat ini dalam kondisi baik.
Kupang (Antara NTT) - Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan empat prajurit Satgas Pengamanan Pulau Terluar pulau Batek yang hanyut dibawa gelombang saat ini dalam kondisi baik.

"Kondisi kesehatan keempat prajurit satgas Pulau Terluar yang bertugas di pulau Batek yang diberitakan hanyut terbawa gelombang dalam keadaan yang baik-baik saja," katanya soal empat anggotanya yang dinyatakan hilang terbawa arus di sekitaran pulau Timor dan Batek, Jumat.

Sebelumnya, empat anggota TNI yang merupakan Satgas Pengamanan Pulau Batek menghilang setelah perahu karet jenis Yahama 40 PK yang ditumpangi empat korban terhempas gelombang di perairan Pulau Batek yang berbatasan dengan wilayah perairan Timor Leste.

Keempat prajurit tersebut, lanjut komandan berbintang satu itu, hanyut oleh gelombang setelah pulang belanja di Oepoli Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang pada Kamis (10/8) pukul 17.30 WITA.

"Sudah ada komunikasi menggunakan radio dengan petugas Basarnas dan juga pos Batek dan mereka menyatakan kondisi mereka juga tidak apa-apa," ujar Teguh.

Teguh juga mengatakan bahwa para prajurit yang hanyut tersebut selama berada di tengah laut mengkonsumsi makanan yang memang di beli dari Oepoli.

Mantan Wakil Komandan Kopasus itu juga menegaskan bahwa prajuritnya tidak hilang namun hanya terhanyut karena mesin kendaraan laut yang digunakannya mati. Saat ini petugas SAR sudah mengirimkan personelnya untuk menjemput para prajurit yang hanyut tersebut.

Ia menyebutkan keempat anggota TNI AD yang hilang dan sedang dalam pencarian Basarnas Kupang itu yaitu Praka Ronald Maalete, Pratu Sudarman, Pratu Agung Taradipa dan Pratu Ardi Putra Jati.

Basarnas Kupang mengerahkan lima orang anggota tim penyelamat kantor Basarnas Kupang serta kapal SAR dengan anggota SAR sebanyak 11 orang untuk melakukan pencarian terhadap empat orang itu.