670 Jemaah Calon Haji Menuju Arab Saudi

id haji

670 Jemaah Calon Haji Menuju Arab Saudi

Sebanyak 670 jamaah calon haji dari NTT, Jumat (18/8) pagi diterbangkan ke Tanah Suci Mekkah dari embarkasi Juanda Surabaya untuk menunaikan ibadah haji. (Foto ANTARA)

670 jamaah calon haji asal NTT yang terbagi dalam dua kelompok terbang (Kloter) telah menuju Makkah dan Madinah di Arab Saudi guna menunaikan ibadah haji pada musim haji 1438 Hijriah.
Kupang (Antara NTT) - Pejabat Kementrian Agama Wilayah Nusa Tenggara Timur mengatakan 670 jamaah calon haji asal NTT yang terbagi dalam dua kelompok terbang (Kloter) telah menuju Makkah dan Madinah di Arab Saudi guna menunaikan ibadah haji pada musim haji 1438 Hijriah.

"Ke-670 jamaah calon haji sudah masuk dalam embarkasi Surabaya dan berada pada kloter 65-66 dari total 84 kloter haji asal Indonesia, dan Jumat pagi sudah terbang menuju Tanah Sudi untuk menunaikan ibadah," kata Kepala Sub Bagian Agama Islam, Budha dan Hindu Kemenag Kanwil NTT, Kamang Kopong kepada Antara, Jumat.

Kamang Kopong yang saat dihubungi tengah berada di embarkasi Surabaya mendampingi Kepala Kantor Agama Wilayah NTT Sarman Marselinus melepas calon jamaah mengatakan tidak ada hambatan dalam pelepasan.

"Semua proses pelepasan hingga terbang menuju ke Makkah dan Madinah berjalan lancar dan saat ini calon jamaah dalam perjalanan guna bergabung dengan sebagian jamaah di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji," katanya.

Kuota haji reguler untuk Nusa Tenggara Timur pada musim haji 1438 hijriah sebayak 670 orang atau bertambah 20 orang dari sebelumnya 1437 Hijriah hanya 650 orang.

"Total tersebut sudah termasuk tim pendamping haji daerah dari setiap kelompok terbang dari daerah asal hingga ke tanah suci dan kembali ke Tanah Air setelah menjadi haji," katanya.

Dari total 670 orang itu katanya calon hajah 277 orang dan calon haji 388 orang, serta sisanya adalah petugas jemaah haji ketua kloter, tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dokter dan perawat, serta petugas non kloter.

Secara kabupaten/kota di NTT katanya kuota terbanyak berasal dari Kota Kupang sebanyak 198 orang dan kuota terbanyak kedua adalah Kaupaten Sikka Flores sebanyak 98 orang.

Berikut katanya Kabupaten Manggarai BArat sebanyak 96 dengan jumlah hajah Langkah-kah dan upaya persiapan pemberangkatan jamaah 43 dan haji 53 haji.