Semua Daerah Miliki Pelabuhan Marina

id marina

Semua Daerah Miliki Pelabuhan Marina

Welly Rohimone

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur terus berupaya membangun pelabuhan Marina di semua daerah, terutama di Alor, Lembata, Maumere, Ende, Sabu Raijua dan Rote Ndao.
Kupang (Antara NTT) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur terus berupaya membangun pelabuhan Marina di semua daerah, terutama daerah-daerah yang berbatasan dengan wilayah laut seperti Alor, Lembata, Maumere, Ende, Sabu Raijua dan Rote Ndao.

"Upaya ini untuk memberikan rasa nyaman bagi para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan keliling di provinsi berbasis kepulauan itu menggunakan kapal pesiar ataupun kapal-kapal pribadi," kata Sekretaris Dinas Pariwisata NTT Welly Rohimone kepada Antara di Kupang, Rabu.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan upaya pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur pelabuhan bagi kapal-kapal pariwisata yang membawa wisatawan berkunjung ke pulau-pulau di NTT.

Selama ini, kapal-kapal besar yang mengangkut para wisatawan mancanegara tidak bisa leluasa menyinggahi daerah-daerah di NTT karena tidak didukung dengan pelabuhan khusus untuk kapal pariwisata.

Kapal-kapal pesiar ini terpaksa sandar di pelabuhan-pelabuhan bongkar muat, sehingga tidak bisa berlabuh terlalu lama karena dapat mengganggu aktivitas bongkar muat di pelabuhan, katanya.

"Saat ini kami sedang melakukan studi kelayakan untuk pembangunan pelabuhan-pelabuhan marina di NTT. Ada beberapa titik yang sudah siap dan tinggal diperjuangkan untuk dibangun," katanya.

Menurut dia, jika semua daerah sudah memiliki pelabuhan marina, maka para wisatawan bisa berbulan-bulan tinggal di NTT dan menghabiskan banyak uang di daerah ini.

"Mungkin satu minggu di Labuan Bajo, satu minggu lagi di Ende dan satu bulan di Pulau Adonara dan Alor. Mereka bisa menghabiskan banyak uang dan rakyat bisa menikmatinya," katanya.

Bahkan secara otomatis, usaha-usaha seperti kerajinan rakyat, pertanian dan peternakan, rumah makan serta usaha-usaha lain akan ikut berkembang dengan sendirinya, katanya.

"Pemerintah NTT memimpikan supaya NTT bisa menjadi `surga` bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan, sehingga ekonomi daerah ini bisa lebih berkembang ke arah yang lebih baik," kata Wely Rohi Mone menambahkan.