Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

id kurban

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Dani Suhadi

Dinas Peternakan Nusa Tenggara Timur akan mengintensifkan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban yang akan disembelih pada peringatan Idul Adha 1438 Hijriah 1 September 2017.
Kupang (Antara NTT) - Dinas Peternakan Nusa Tenggara Timur akan mengintensifkan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban yang akan disembelih pada peringatan Idul Adha 1438 Hijriah 1 September 2017.

"Fokus kita pada tempat-tempat penjualan hewan serta rumah potong hewan (RPH) yang ada di berbagai tempat di NTT pada H-2 dan H+1 Idul Qurban," kata Kepala Dinas Peternakan NTT Dany Suhadi kepada Antara di Kupang, Rabu.

Ia menjelaskan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban ini penting untuk mencegah tertularnya penyakit kepada manusia dari daging hewan yang dikonsumsi.

Ia menambahkan pihaknya juga telah membentuk tim pemantau dan segera diterjunkan ke berbagai RPH yang ada di berbagai kabupaten/kota se-NTT.

Tim yang dibentuk tersebut berasal dari rumah sakit hewan, unit pelaksanan teknis (UPT) dinas serta melibatkan pula tenaga-tenaga pada Dinas Peternakan kabupaten/kota se-NTT.

"Petugas pemantau dari dinas akan memberikan surat keterangan sehat kepada hewan yang bakal disembeli pada Idul Qurban mendatang. Kita menginginkan agar daging yang dikonsumsi benar-benar sehat," katanya menegaskan.

Dany mengatakan untuk hewan kurban yang berada di wilayah akan langsung ditangani oleh tim yang telah dibentuk, sedang hewan kurban yang berasal dari luar daerah harus dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari daerah asal.