Waspadai Angin Kencang

id Angin

Waspadai Angin Kencang

BMKG mengeluarkan peringaran dini tentang bahaya angin kencang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang mengeluarkan peringatan dini tentang potensi angin kencang di wilayah NTT pada Sabtu mulai siang hingga sore hari.
Kupang (Antara NTT) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang mengeluarkan peringatan dini tentang potensi angin kencang di wilayah NTT pada Sabtu mulai siang hingga sore hari.

"Kecepatan angin yang bergerak dari Timur Laut-Barat Daya mencapai 40 km per jam membuat beberapa tempat seperti Kupang, Oelamasi, Rote, Sabu, Alor dan Sumba juga terkena dampaknya," kata Prakirawan dari BMKG El Tari Kupang Ni Putu Nonik di Kupang, Sabtu.

Menurut dia, suhu udara juga mencapai 33 derajat Celcius tetapi bagi yang berada di wilayah Bajawa dan Ruteng suhu udaranya berkisar 11-27 derajat Celcius.

Selain potensi angin kencang, potensi gelombang tinggi juga dikeluarkan oleh BMKG dengan tinggi gelombang lebih dari dua dua meter di perairan NTT bagian selatan hingga barat.

Dia mengatakan potensi angin kencang tersebut dipicu oleh tekanan kerapatan gradien tekanan udara antara Australia dan Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai merapat.

Menurut dia, tekanan udara di wilayah Australia berada pada angka 1.026 mb dan wilayah NTT berada pada angka 1.012 mb.

"Perbedaan inilah yang menyebabkan angin kencang di sejumlah wilayah di provinsi berbasis kepulauan itu," katanya menjelaskan.