Wawasan Kebangsaan Penting Bagi Mahasiswa Baru

id wawasan

Wawasan Kebangsaan Penting Bagi Mahasiswa Baru

Rektor Unwira Kupang Pater Yulius Yasintus SVD

Kegiatan wawasan kebangsaan merupakan momentum yang pas dalam upaya meningkatan rasa nasionalisme generasi muda, terutama para mahasiswa baru.
Kupang (Antara NTT) - Rektor Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Pater Yulius Yasintus SVD menilai kegiatan wawasan kebangsaan merupakan momentum yang pas dalam upaya meningkatan rasa nasionalisme generasi muda, terutama para mahasiswa baru.

"Menurut saya, ini adalah awal yang baik, meski waktunya sangat singkat. Namun, untuk ke depannya akan kita lakukan lagi dengan waktu yang lebih lama," katanya kepada wartawan di Kupang, Jumat.

Ia mengatakan, selain dari TNI pihaknya juga mengundang sejumlah instansi lain seperti Badan Narkotika Nasional Provinsi NTT serta Polda NTT untuk mensosialisasikan bahaya narkoba bagi generasi muda.

Mengingat saat ini, Kota Kupang sendiri sudah masuk dalam kawasan yang terindikasi sebagai kawasan yang rawan beredarnya bahaya narkotika dan obat berbahaya narkoba dan sejenisnya.

Rohaniwan Katolik ini mengatakan sejauh ini di kampus-kampus tidak pernah dibahas soal masalah intoleran dan hal-hal yang berguna untuk menangkal radikalisme.

"Oleh karena itu kegiatan seperti ini adalah hal baru yang bisa diperoleh oleh mahasiswa sebab memang lebih banyak dibangku kuliah mahasiswa hanya lebih banyak berteori," tuturnya.

Kedepannya, lanjut Pater Yasintus, pihaknya akan menyiapkan waktu agar bisa mengumpul seluruh mahasiswa Unika agar kelak bisa mengikuti bela negara yang tujuannya agar lebih meningkatkan rasa cinta tanah air di kalangan mahasiswa.

Sebelumnya Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa memberikan materi tentang wawasan kebangsaan kepada kurang lebih 1.686 mahasiswa baru di gedung Gelanggang Olahraga (GOR) Oepoi Kupang.

Jenderal berbintang satu itu mengatakan dirinya merasa perlu memberikan pemahaman soal wawasan kebangsaan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa baru agar bisa terhindar dari berbagai hal yang berkaitan dengan radikalisme.

"Bagi saya kegiatan wawasan kebangsaan ini sangat perlu dilakukan khususnya bagi geberasi muda saat ini. Karena banyak indikasi-indikasi yang dapat mempengaruhi generasi muda kita saat ini," ujarnya.