NPHD Sumba Tengah Sudah Ditandatangani

id NPHD

NPHD Sumba Tengah Sudah Ditandatangani

Ketua KPU NTT Maryanti Luturmas Adoe

Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara KPU dan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah sudah ditandatangani pada pekan ini.
Kupang (Antara NTT) - Ketua KPU Nusa Tenggara Timur Maryanti Luturmas Adoe mengatakan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara KPU dan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah sudah ditandatangani pada pekan ini.

"Kami mendapat laporan bahwa NPHD untuk Sumba Tengah sudah ditandatangani. Jadi sudah delapan daerah termasuk Provinsi NTT yang sudah menandatangani NPHD," kata Maryanti kepada wartawan di Kupang, Jumat.

Dia mengatakan, tinggal tiga dari sepuluh kabupaten pelaksana pilkada yang belum menandatangani NPHD, kecuali Kabupaten Nagekeo yang dijadwalkan akan menandatangani NPHD pada 11 September 2017. Tinggal Kabupaten Rote Ndao dan Timor Tengah Selatan yang belum melaksanakannya.

Dia mengatakan, KPU Provinsi NTT terus berupaya membantu melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten agar segera melakukan penandatanganan NPHD, mengingat tahapan pilkada segera dimulai.

Dia berharap, paling lambat pekan ini, masalah pembiayaan yang masih alot di DPRD bisa diselesaikan karena pemerintah dan KPU segera melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

"Untuk NPHD, waktu efektif hanya satu pekan ke depan, karena untuk mencairkan anggaran, masih ada proses administrasi yang cukup panjang," katanya.

Pada 2018 mendatang, akan dilaksanakan pemilihan gubernur dan Wakil Gubernur NTT periode 2018-2013 serta pemilihan bupati dan wakil bupati di sepuluh kabupaten di provinsi berbasis kepulauan itu.

Sepuluh kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak pada 2018 itu adalah Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Sikka, Alor, Ende, Manggarai Timur, Nagekeo, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan Rote Ndao.