Senin, 25 September 2017

Nias Barat Belajar "Taman Eden" di Kupang

id Bupati
Nias Barat Belajar
Bupati Kupang Ayub Titu Eki sedang menanam pohon dalam Program Taman Eden di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.
"Saya memberi apresiasi khusus kepada Bupati Nias Barat yang mau mengadopsi program Taman Eden dalam membangun ekonomi rakyat di Sumatera Utara," kata Bupati Kupang Ayub Titu Eki.
Kupang (Antara NTT) - Bupati Nias Barat Fadusi Daely bersama rombongan, Senin, berkunjung ke Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur untuk mempelajari program Taman Eden yang menjadi program unggulan Bupati Ayub Titu Eki dalam membangun ekonomi rakyat.

"Saya memberi apresiasi khusus kepada Bupati Nias Barat yang mau mengadopsi program Taman Eden dalam membangun ekonomi rakyat di Sumatera Utara," kata Bupati Kupang Ayub Titu Eki di Oelamasi, Senin.

Menurut Bupati Titu Eki, program Taman Eden dengan menanam apa saja semua komoditas dalam sebuah kawasan perkebunan itu, mencuri perhatian pemerintah di daerah lain untuk mempelajari dan kemudian mengadopsinya untuk membangun ekonomi rakyatnya.

"Ini sesuatu yang sangat luar biasa, dan saya hampir tidak yakin jika Bupati Nias Barat sampai berkunjung ke Kabupaten Kupang untuk memperlajari program Taman Eden tersebut," ujarnya.

Bupati Nias Barat Fadusi Daely bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kupang untuk mempelajari tentang program Taman Eden yang menggerakan potensi lokal dalam membangun ekonomi masyarakat pedesaan.

Selain mempelajari program Taman Eden, menurut Titu Eki, pemerintah Nias Barat yang baru delapan tahun menjadi daerah otonomi juga mempelajari pembangunan pertanian, peternakan dan pariwisata yang menjadi program unggulan di Kabupaten Kupang.

Menurut Titu Eki, program Taman Eden memiliki keunggulan karena potensi ekonomi lokal menjadi motor pengerak dalam pembangunan ekonomi rakyat di daerah ini.

"Kita bangun desa kita dengan memanfatkan potensi ekonomi di desa setempat. Jika sduah berhasil dikembangkan maka dipasarkan ke kota sehingga menghasilkan uang," kata Titu Eki.

Pemerintah, kata dia, mendorong pembangunan ekonomi rakyat dengan memberikan bantuan bibit ternak, tanaman, serta pembangunan infrastruktur untuk memudahan petani memasarkan hasil ke kota.

"Potensi lokal itulah yang membuat masyarakat di pedesaan di Kabupaten Kupang bisa hidup lebih baik," demikian Bupati Ayub Titu Eki.

Editor: Laurensius Molan

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga