Kawasan Hutan Tanah Daru Terbakar

id Terbakar

Kawasan Hutan Tanah Daru Terbakar

Aparat Kepolisian Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur menyemprotkan air ke arah kebakaran untuk memadamkan api yang di kawasan hutan Tanah Daru dalam kawasan Taman Nasional Manupea di Sumba Barat, Selasa (19/9). (Foto ANTARA)

"Peristiwa kebakaran yang terjadi dalam taman nasional di Pulau Sumba, NTT ini sudah dikendalikan, sehingga tidak meluas ke seluruh kawasan taman nasional di pulau Sumba itu," kata P Maman.
Kupang (Antara NTT) - Kawasan hutan seluas 10 haktare dalam kawasan Taman Nasional Manupea, Tanah Daru, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur ludes terbakar menyebabkan ribuan pohon pinus dan Mahoni turut terbakar dalam peristiwa itu.

"Peristiwa kebakaran yang terjadi dalam taman nasional di Pulau Sumba, NTT ini sudah dikendalikan, sehingga tidak meluas ke seluruh kawasan taman nasional di pulau Sumba itu," kata Kepala Balai Taman Nasional Manupea, Tanah Daru, Sumba Barat, P Maman ketika dihubungi Antara, Rabu.

Peristiwa kebakaran kawasan hutan di Taman Nasional Manupea, Tanah Daru, menurut Maman, terjadi Selasa (19/9) pukul 10.00 wita menyebabkan 10 haktare kawasan hutan terbakar.

Maman menduga kebakaran yang melanda taman nasional ini akibat ulah warga yang membakar semak belukar disekitar kawasan taman nasional itu.

"Kita menduga kebakaran terjadi akibat ulah para pemburu yang membakar semak belukar disekitar lokasi kejadian lalu merembet kedalam kawasan hutan. Para pemburu sering masuk kedalam kawasan hutan untuk berburu berbagai jenis satwa dalam kawasan hutan ini" tegas Maman.

Ia mengatakan, kebakaran dalam kawasan hutan lindung ini dapat dikendalikan sekitar pukul 15.00 wita setelah puluhan anggota Kepolisian dipimpin Kapolres Sumba Barat, AKBP. Muhamad Erwin turun kelokasi kejadian untuk melakukan upaya pemadaman api dengan mengerahkan satu unit mobil water canon.

"Kita sangat terbantu dengan adanya bantuan mobil water canon dari Polres Sumba Barat sehingga upaya pemdaman api cepat dilakukan sehingga kebakaran tidak meluas," kata Maman.

Kawasan hutan Manuepa, Tanah Daru sekitar 30 km arah timur Kota Waikabubak, ibu Kota Kabupaten Sumba Barat, berada disepanjang ruang jalan negara menuju wilayah Kabupaten Sumba Timur sangat rawan kebakaran. Dalam kawasan hutan ini terdapat puluhan ribu pohon pinus dan mahoni yang sudah tumbuh sumbur.

Maman mengatakan, peristiwa serupa pernah terjadi tahun 2014 menyebabkan puluhan haktare hutan dalam kawasan taman nasional ini ludes terbakar.