Pengungsi angin puting beliung mulai diserang DBD

id angin puting

DBD

 "Ada empat warga Desa Golo Sepang yang dinyatakan positif menderita DBD. Keempat warga itu sedang dalam perawatan intensif di Puskesmas Kecamatan Boleng," kata Dominikus Hawan.
Kupang (AntaraNews NTT) - Warga Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang berada di lokasi pengungsian setelah desa mereka dihantam angin puting beliung, mulai diserang penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Manggarai Barat, Dominikus Hawan ketika dihubungi Antara dari Kupang, Rabu (21/11), mengatakan, bencana alam angin puting beliung yang melanda daerah itu pada Minggu (18/11) mulai berdampak luas dengan munculnya penyakit DBD yang menyerang empat warga desa setempat.

"Ada empat warga Desa Golo Sepang yang dinyatakan positif menderita DBD. Keempat warga itu sedang dalam perawatan intensif di Puskesmas Kecamatan Boleng," kata Domi.

Ia mengatakan, penyakit demam berdarah yang menyerang warga Desa Golo Sepang mulai merebak setelah daerah itu dihajar angin puting beliung menyebabkan 115 rumah rusak sehingga ratusan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

"Setelah dihantam denganangin puting beliung warga setempat mulai diserang dengan penyakit DBD. Sesuai laporan yang kami peroleh sudah empat warga yang dirawat karena menderita penyakit DBD setelah terjadinya bencana alam angin puting beliung," katanya.

Domi mengatakan, penyakit DBD berpotensi meluas di daerah itu karena para korban bencana  puting beliung masih menempati tiga tenda pengungsian yang kondisinya kurang memadai dan lingkungan tempat pengungsian terdapat banyak genangan air hujan yang memungkinkan nyamuk DBD berkembang.

Baca juga: Penderita DBD di Manggarai Barat meningkat
Baca juga: Penderita DBD Terus Bertambah


Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, kata dia, mempercepat penyaluran bantuan bahan bangunan terhadap para korban sehingga rumah warga yang mengalami kerusakan segera diperbaiki agar segera ditempati kembali oleh penghuninya.

"Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dulla sudah memerintahkan BPBD agar segera menyalurkan bantuan bahan bangunan rumah sehingga masyarakat membangun kembali rumah yang rusak dan tidak terlalu lama tinggal di tenda-tenda pengungsian ," katanya.

Ia mengatakan, BPBD Manggarai Barat telah mendistribusikan bantuan berupa 1000 lembar seng rumah untuk korban bencana alam angin puting beliung di Desa Golo Sepang. 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar