Gubernur NTT berdialog dengan puluhan investor

id GUBERNUR LAISKODAT

Gubernur NTT berdialog dengan puluhan investor

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskoda (depan kanan), Kamis (13/12) malam di Kupang, berdialog dengan lebih dari 40 investor yang telah berinvestasi di Nusa Tenggara Timur. (ANTARA Foto/Asis Lewokeda).

"Saya senang berada di sini karena kita berdiskusi apa saja. Tapi ketika habis kita tanya jawab di sini investasi kalian harus jalan," kata Gubernur Viktor Laiskodat.
Kupang (ANTARA News NTT) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat, Kamis (13/12) malam, melakukan dialog dengan lebih dari 40 investor yang telah menanamkan modalnya di berbagai sektor pembangunan di Nusa Tenggara Timur.

Dalam dialog yang berlangsung sekitar dua jam mulai dari pukul 18.00 WITA di Resto Bukit Pelangi Intan Lestari di wilayah Tenau Kupang, Gubernur Laiskodat mendengarkan berbagai kendala yang dihadapi para investor ketika berinvestasi di daerah ini.

"Saya senang berada di sini karena kita berdiskusi apa saja. Tapi ketika habis kita tanya jawab di sini investasi kalian harus jalan," kata Gubernur Laiskodat seakan menantang para investor tersebut.

Ia mengingatkan para investor agar ketika sudah membebaskan lahan, maka jangan dibiarkan kosong dalam waktu yang lama, melainkan aktivitas investasi harus segera dilakukan.

Ia menatakan jika lahan yang sudah dibeli namun belum bisa dibangun sesuatu maka harus dimanfaatkan sementara untuk menanam berbagai tanaman produktif yang bermanfaat untuk masyarakat setempat.

"Tanam apa saja, jagung, buah-buahan, sayuran, kelor, dan lainnya, yang penting bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi daerah ini, sambil mengurus persiapan investasinya," katanya.

Baca juga: Investasi di NTT hingga triwulan III-2018 sebesar Rp4,9 triliun

Ia mengaku, tidak menginginkan para investor mengalami kesulitan ketika hadir berinvestasi di NTT, karena kehadiran investor membawa banyak uang yang manfaatnya untuk kemajuan daerah ini.

Untuk itu, dari sisi layanan birokrasi, dia memastikan semua akan segera dibenahi sehingga urusan perizinan dan dokumen lainnya bisa berlangsung dengan cepat dan bersih dari adanya praktik korupsi.

"Sebesar apapun investasi akan kami bantu tapi dengan catatan rakyat saya juga harus ikut merasakan keuntungan. Kalau usahanya jalan tapi rakyat saya tidak dapat apa-apa maka saya yang akan lawan," katanya.

Dalam dialog tersebut, Gubernur Viktor juga mendengarkan keluhan dari sejumlah pengusaha terkait persoalan lahan yang masih menjadi kendala di daerah-daerah tujuan investasi.

Viktor memastikan segera berupaya menyelesaikannya dengan berkoordinasi bersama pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat di daerah ini.

"Saya akan bantu, saya akan turun ke daerah menyelesaikannya, karena saya ini biasa langsung jalan ke desa-desa. Tapi ingat, setelah lahan beres investasi harus segera jalan juga,"  demikian Gubernur Viktor Laiskodat menegaskan.

Baca juga: BEI buka empat galeri investasi di NTT