Bank Indonesia dukung UMKM naik kelas lewat BI YES 2023

id bank indonesia,bi,umkm,pariwisata,bi yes,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores

Bank Indonesia dukung UMKM naik kelas lewat BI YES 2023

Bank Indonesia menyelenggarakan Kegiatan Sinergi Untuk Pariwisata Bangkit di Kawasan Wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (16/3/2023). (ANTARA/HO-BI Kantor Perwakilan NTT)

BI YES dapat menjadi wadah bagi UMKM untuk naik kelas dan berkontribusi nyata pada perekonomian daerah khususnya di sektor pendukung pariwisata...
Labuan Bajo (ANTARA) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur siap melakukan pengembangan UMKM di wilayah NTT dengan mengajak dan mendukung UMKM untuk naik kelas lewat program Bank Indonesia Young Enterpreneur School (BI-YES) tahun 2023.

"BI YES dapat menjadi wadah bagi UMKM untuk naik kelas dan berkontribusi nyata pada perekonomian daerah khususnya di sektor pendukung pariwisata," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT S Donny H Heatubun dalam kegiatan Sinergi Untuk Pariwisata Bangkit di Kawasan Wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Kamis, (16/3/2023).

Bank Indonesia telah melakukan kick-off BI-YES dalam kegiatan Sinergi Untuk Pariwisata Bangkit siang tadi. BI-YES sendiri merupakan program pengembangan UMKM yang berbasis tiga pilar yakni korporatisasi, kapasitas, dan pembiayaan.

Donny menjelaskan BI-YES merupakan program yang telah diselenggarakan sejak tahun 2019 untuk mencetak anak-anak muda yang memiliki jiwa kewirausahaan.

Dalam program itu, Bank Indonesia memberikan tools atau dukungan pelatihan kelengkapan calon pengusaha muda seperti peningkatan kapasitas dan pengetahuan.

Beberapa materi yang diberikan antara lain analisis pasar, manajemen data, bisnis model, legalitas, sertifikasi keamanan pangan, dan pembiayaan UMKM. Nantinya para calon pengusaha muda yang ikut dalam program itu bisa melahirkan produk yang berkualitas dan siap bersaing.

"Jadi kita mencetak tenaga yang andal. UMKM kita bina, mau maju ya maju, kalau setengah-setengah ya hasilnya setengah-setengah," ungkap Donny.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi memberikan apresiasi atas upaya pengembangan UMKM yang dilakukan oleh Bank Indonesia lewat program tersebut, khususnya di Manggarai Barat.

Dia optimis BI-YES dapat menjadi program yang bagus untuk menghasilkan wirausahawan berkualitas sehingga memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

"Kita memang membutuhkan anak-anak muda yang memiliki jiwa enterpreneur yang siap bersaing untuk memajukan daerah," ungkap bupati.

Baca juga: Puluhan UMKM di Kota Kupang dilatih pasarkan hasil produksi

Baca juga: BPOLBF -Garuda Indonesia kolaborasi promosi produk UMKM Labuan Bajo