Pemkab Mabar dukung 10 UMKM tingkatkan literasi digital

id umkm,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores,pariwisata

Pemkab Mabar dukung 10 UMKM tingkatkan literasi digital

Pengunjung pameran membeli produk UMKM di Manggarai Barat, NTT beberapa waktu lalu. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Kami bekerja sama dengan startup dari Jakarta untuk aplikasi digital, nantinya 10 UMKM yang punya komitmen tinggi dibiayai dari APBD untuk pemakaian gratis aplikasi itu...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menyiapkan aplikasi digital gratis bagi 10 UMKM pemula yang memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kemampuan literasi digital.

"Kami bekerja sama dengan startup dari Jakarta untuk aplikasi digital, nantinya 10 UMKM yang punya komitmen tinggi dibiayai dari APBD untuk pemakaian gratis aplikasi itu," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan UMKM Manggarai Barat, Theresia Asmon di Labuan Bajo, Selasa, (28/3/2023).

Pemkab Manggarai Barat secara khusus tengah menyiapkan pelatihan literasi digital untuk April mendatang. Pelatihan itu dibuka bagi UMKM yang memiliki komitmen tinggi untuk naik kelas dan meningkatkan kualitas literasi digital.

Dia menjelaskan pemerintah daerah memilih 10 UMKM terbaik, bukan dari segi omset tapi dari kesiapan dan komitmen, khususnya bagi UMKM pemula yang belum pernah memanfaatkan aplikasi digital sebagai platform promosi. Sebanyak 10 UMKM tersebut akan mendapatkan aplikasi digital secara gratis untuk dimanfaatkan lebih lanjut.

"Dari pelatihan ini, kita berharap 10 UMKM nanti bisa mandiri sehingga bisa membiayai diri sendiri tanpa fasilitasi dari pemerintah," katanya berharap.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mendorong kesiapan masyarakat khususnya pelaku usaha dalam bidang literasi digital.

Hal itu ia tekankan mengingat pentingnya pengelolaan keuangan bagi para pelaku UMKM di daerah pariwisata super prioritas.

"Setelah terbiasa digital, maka kita mendorong literasi digital. Hanya 10 dulu, lalu ditularkan ke teman yang lain," katanya Bupati Edi.

Pembukaan pendaftaran pelatihan akan dibuka pada April yang diikuti dengan penilaian terhadap para pelaku UMKM yang mendaftar.

Baca juga: Telaah - Impor pakaian bekas: siapa untung?

Baca juga: Hotel di Manggarai Barat diminta gunakan produk UMKM lokal