DPR dukung pembukaan rute penyeberangan internasional Maritaing-Dili

id DPR RI

DPR dukung pembukaan rute penyeberangan internasional Maritaing-Dili

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis (tengah) sedang berdialog dengan para petani di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). (ANTARA Foto/Kornelis Kaha).

Komisi V DPR RI mendukung penuh rencana PT ASDP Indonesia Ferry untuk membuka rute penyeberangan internasional yang menghubungkan Maritaing di Kabupaten Alor dengan Dili, Timor Leste.
Kupang (ANTARA News NTT) - Komisi V DPR RI mendukung penuh rencana PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry untuk membuka rute penyeberangan internasional yang menghubungkan Maritaing di Kabupaten Alor dengan Dili, Timor Leste.

"Kami sudah berdiskusi dengan pemerintah Provinsi NTT serta pihak ASDP soal rencana itu, dan kami tanya soal kesiapannya rencana itu, dan tampaknya jadi terwujud," kata Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis kepada wartawan di Kupang, Jumat (18/1).

Menurut Fary, wilayah perairan di sekitar pelabuhan Maritaing di Kecamatan Alor Timur perlu dikeruk lagi, karena masih sangat dangkal. "Kami pada intinya setuju dengan rencana tersebut, karena kapal ferinya juga sudah siap," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi mengatakan bahwa ia sudah bertemu dengan Direktur Komersial PT. ASDP Indonesia Ferry Yusuf Hadi pada Rabu (16/1) membicarakan kelanjutan dari rencana itu.

Dalam pertemuan itu, kata Nae Soi, pihaknya membahas berbagai hal yang berkaitan dengan hubungan luar negeri. "Kami sedang siapkan berbagai hal terkait dengan penyeberangan feri antarnegara itu," katanya.

Wagub Nae Soi juga menambahkan bahwa saat ini masih perlu dilakukan pengerukan dan perbaikan di sekitar pelabuhan Maritaing, karena masih dangkal. "Kami sudah survei semuanya," kata dia.

Baca juga: ASDP segera wujudkan rute Maritaing-Dili
Baca juga: ASDP survei penyeberangan Maritaing-Dili
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar