Tanggul pengaman pantai Oesapa perlu segera diperbaiki

id ADE Manafe

Tanggul pengaman pantai Oesapa perlu segera diperbaiki

Kepala Pelaksana BPBD Kota Kupang Ade Manafe.

BPBD Kota Kupang meminta Pemerintah Provinsi NTT memperbaiki tanggul pengaman gelombang di Pantai Oesapa dan Pantai Lai-lai Besi Kopan (LLBK) yang hancur akibat terjangan gelombang.
Kupang (ANTARA News NTT) - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang meminta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur memperbaiki tanggul pengaman gelombang di Pantai Oesapa dan Pantai Lai-lai Besi Kopan (LLBK) yang hancur akibat terjangan gelombang.

"Kami sudah bersurat kepada Pemprov NTT tentang adanya kerusakan pengaman pantai di dua lokasi itu akibat gelombang pasang pada akhir Januari 2019. Kami berharap kerusakan itu segera diperbaiki," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Kupang, Ade Manafe kepada wartawan di Kupang, Senin (18/2).

Ade mengatakan, Pemko Kupang tidak memiliki kewenangan untuk memperbaiki tanggul pengaman gelombang di Oesapa dan LLBK karena merupakan aset milik Pemprov NTT.

Ade berharap Pemerintah NTT dapat secepatnya melakukan perbaikan sehingga tidak menggangu akitiftas nelayan dan wisatawan lokal yang datang berkunjung ke lokasi pantai tersebut.

Untuk diketahui cuaca ekstrem yang melanda Kota Kupang pada akhir Januari 2019 telah mengakibatkan rusaknya tanggul pengaman gelombang di Pantai LLBK dan Pantai Oesapa karena terjangan gelombang keras.

Kerusakan tanggul pengaman gelombang di pantai tersebut menyebabkan aktifitas pedagang kuliner terganggu.

Hal serupa juga terjadi di Pantai Oesapa akibat hancurnya tanggul pengaman gelombang di pantai itu menyebabkan banyak fasilitas wisata setempat rusak.

Baca juga: Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap bencana
Baca juga: Korban bencana alam di NTT terus berjatuhan