Komisi V DPR tinjau lokasi pembangunan jembatan gantung

id Fari francis

Komisi V DPR tinjau lokasi pembangunan jembatan gantung

Ketua Komisi V DPR-RI dari F-Gerindra Fari Djemi Francis (kedua dari kiri) ketika meninjau lokasi pembangunan saluran irigasi Manikin di Kabupaten Kupang, Minggu (9/9). (ANTARA Foto/istimewa)

Ketua Komisi V DPR melakukan kunjungan kerja ke Pulau Sumba untuk memantau lokasi rencana pembangunan jembatan gantung di Dusun Kabaru, Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur.
Kupang (ANTARA News NTT) - Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis melakukan kunjungan kerja ke Pulau Sumba untuk memantau lokasi rencana pembangunan jembatan gantung di Dusun Kabaru, Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur.

"Saya bersama dengan mitra kerja dari Komisi V DPR RI yakni Kementerian PUPR dan Kementerian Desa, untuk memantau langsung rencana pembangunan jembatan gantung di dusun itu," katanya kepada Antara saat dihubungi dari Kupang, Senin (18/2).

Ia menjelaskan bahwa kehadirannya bersama sejumlah mitranya itu setelah adanya usulan masyarakat setempat untuk pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan dua desa di wilayah tersebut.

Selain itu, kehadiran dirinya juga ingin mendengarkan langsung dari warga, serta pihak pemilik lahan yang akan digunakan untuk pembangunan jembatan itu.

"Kami hadir untuk mendengar langsung dari warga, pemilik lahan, dan pihak PUPR dalam hal ini Balai Jalan dan Jembatan Sumba tentang rencana pembangunan jembatan gantung di dusun itu," tuturnya.

Menurut Fary, usulan rakyat di desa tersebut sudah diperjuangkan di tingkat pusat. Kini saatnya mengecek langsung di lapangan, dalam rangka memastikan bahwa fasilitas yang sangat dibutuhkan warga itu tidak ada masalah dalam proses pengerjaannya.

"Jembatan gantung itu untuk menyeberang kali Palakahembi. Kita ingin sebelum proses pembangunannya, semuanya harus benar-benar clear, sehingga tidak ada masalah dalam pembangunannya nanti," tegasnya.

Fary meminta mitra kerjanya dari Kementerian PUPR Bidang Balai Jalan dan Jembatan untuk memastikan proses pembangunan jembatan gantung tersebut.

"Kalau sudah tidak ada persoalan lagi, proses pembangunannya bisa segera dilaksanakan," ungkapnya.

Plt Kades Palakahembi Max Koli warga di desa itu memang sangat memerlukan jembatan gantung itu karena memang sangat penting untuk memperlancar arus perekonomian di daerah itu," ujar dia.

"Jembatan itu sangat kami butuhkan. Anak-anak sekolah harus menyeberang kali saat mau pergi ke sekolah yang ada di kampung seberang, kalau tidak lewat kali harus melewati jalur lain yang cukup jauh. Apalagi di kali itu ada buaya, maka kami sangat berharap bantuan Pak Fary agar jembatan ini bisa hadir di kampng kmai, " ujarnya.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar