KPU Mantapkan Persiapan Debat Kandidat Putaran Kedua

id Debat

KPU Mantapkan Persiapan Debat Kandidat Putaran Kedua

Debat Pilkada Kota Kupang putaran kedua pada Kamis (2/2) kemungkinan dialihkan ke tempat lain, karena studio I TVRI Kupang dinilai tidak representatif. (Foto ANTARA/Kornelis Kaha)

Pemantapan pemindahan lokasi pelaksanaan dari pelaksanaan sebelumnya di studio 1 TVRI Kupang ke tempat lainnya sudah menjadi kepastian.
Kupang (Antara NTT) - Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang mulai memantapkan persiapan debat kandidat putaran kedua antara pasangan calon Jefri Riwu Koreh-Hermanus Man dan pasangan Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus yang akan berlangsung di Kupang, Kamis (2/2).

"Semua persiapan terkait tempat kegiatan yang dimungkinkan akan dipindahkan dan penambahan peserta atau hadirin yang diundang sedang dalam tahapan pemantapan," kata Ketua KPU Kota Kupang Marianus Minggo di Kupang, Sabtu.

Dia mengatakan, pemantapan pemindahan lokasi pelaksanaan dari pelaksanaan sebelumnya di studio 1 TVRI Kupang ke tempat lainnya sudah menjadi kepastian.

"Namun demikian, di lokasi mana akan menjadi tempat pelaksanaan debat pilkada kedua sedang dalam proses. KPU punya beberapa lokasi alternatif yang sedang dipertimbangkan," ucapnya.

Rencana memindahkan lokasi pelaksanaan debat putaran dua itu dimaksud agar bisa lebih representatif untuk menghadirkan sebanyak-banyaknya undangan, terutama yang berkepentingan dalam pelaksanaan debat tersebut.

"Misalnya, utusan atau perwakilan partai pengusung masing-masing calon. Kalau sebelumnya di TVRI terbatas undangannya maka akan ditambah jumlahnya biar lebih baik," tuturnya.

Hal sama juga terkait aksesibilitas masyarakat yang akan melihat langsung debat para calon itu. Dengan memanfaatkan lokasi yang lebih besar, maka diyakini akan lebih membuka akses bagi masyarakat melihat langsung kegatan debat itu untuk kepentingan menetukan pilihannya.

Meskipun dipindahkan, kegiatan debat kandidat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kupang itu akan tetap ditayang langsung oleh TVRI Kupang.

Terhadap tema debat, Marianus mengaku sudah disampaikan ke masing-masing pasanagan calon yaitu berkaitan dengan politik dan pemerintahan dengan sub tema, antara lain, reformasi birokrasi, penegakan hukum, masalah teroris, narkoba serta pelayanan publik.

Dia berharap pasangan calon wali kota dan wakil wali kota lebih fokus menyampaikan visi, misi dan program kerja dalam debat kandidat putaran kedua, agar bisa tersampaikan ke masyarakat.

Ini penting agar masyarakat di daerah ini bisa menangkap lebih detail seluruh program kerja lima tahun ke depan jika terpilih menjadi kepala daerah lima tahun mendatang.

Pendalaman program kerja yang disampaikan dalam debat nanti akan lebih memberikan keuntungan bagi pasangan calon, karena akan menjadi penentu bagi masyarakat menetapkan pilihannya.

"Kalau penjelasan programnya masih di tataran umum maka akan menyulitkan pemilih menetapkan pilihannya karena pemilih belum melihat detail apa yang akan bermanfaat dari program para calon pemimpin itu di lima tahun mendatang. Makanya penting untuk disajikan mendalam dan tuntas," kata Marianus Minggo.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar