Dibangun dua pos pemantau galian C di Kabupaten Kupang

id galian c

Dibangun dua pos pemantau galian C di Kabupaten Kupang

Bupati Kupang Korinus Masneno. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

"Kami akan segera membangun dua pos pemantau galian C di Kabupaten Kupang guna mengoptimalkan sumber PAD yang selama ini sangat minim," kata Korinus Masneno.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur segera membangun dua unit pos pemantau retribusi galian C guna menggenjot peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak.

"Kami akan segera membangun dua pos pemantau galian C di Kabupaten Kupang guna mengoptimalkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang selama ini sangat minim," kata Bupati Kupang, Korinus Masneno di Kupang, Senin (8/4).

Korinus mengatakan, pos pemantau retribusi galian C akan dibangun di daerah yang menjadi sumber penghasil tambang galian C terbesar di Kabupaten Kupang seperti di Kecamatan Kupang Barat dan pintu masuk bagian timur Kota Kupang yaitu di Kecamatan Kupang Tengah.

Ia mengatakan dua pos pemantau itu akan dilengkapi dengan camera CCTV guna memantau segala aktifitas keluar masuk kendaraan pengangkut galian C dari wilayah Kabupaten Kupang, karena sistem pembayaran pajak galian C dilakukan secara online.

"Kami akan mengenjot pajak galian C dalam meningkatkan PAD Kabupaten Kupang yang hanya mencapai Rp80 miliar setiap tahun. Potensi galian C sangat besar di daerah ini sehingga apabila dioptimalkan pendapatanya bisa melebihi Rp80 miliar/tahun," kata Korinus.

Menurut dia, potensi galian C seperti pasir, tanah putih, batu krikil maupun batu karang untuk mendukung berbagai kegiatan pembangunan di Kota Kupang semuanya dipasok dari wilayah Kabupaten Kupang, namun pendapatan daerah sangat kecil.

"Apabila dilihat dari potensi SDA galian C dengan PAD Kabupaten Kupang hanya Rp80 miliar/tahun sangat kecil sehingga diduga banyak pendapatan yang tercecer," tegas Korinus.

Ia mengatakan, mulai tahun 2019 pembayaran retribusi pajak galian C tidak lagi menggunakan karcis seperti dilakukan selama ini tetapi akan menggunakan sistem E-tol dimana semua transaksi pembayaran pajak galian C dilakukan melalui bank.

Baca juga: Pembayaran galian C di Kabupaten Kupang melalui daring
Baca juga: Ratusan Truk Pengakut Galian C Terjaring Operasi
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar