Logistik pemilu ke perbatasan segera didistribusi

id Amfoang

Sebuah bus harus mengarungi air sungai di sekitar Amfoang sebelum menggapai wilayah perbatasan dengan Distrik Oecusse, Timor Leste. (ANTARA FOTO/ist)

KPU Kabupaten Kupang segera mendistribusi logistik Pemilu 2019 ke empat wilayah kecamatan di Amfoang yang berbatasan langsung dengan Distrik Oecusse, Timor Leste mulai Minggu, 14 April 2019.
Kupang (ANTARA) - KPU Kabupaten Kupang segera mendistribusi logistik Pemilu 2019 ke empat wilayah kecamatan di Amfoang yang berbatasan langsung dengan Distrik Oecusse, Timor Leste mulai Minggu, 14 April 2019.

"Kami memprioritas empat kecamatan di Amfoang itu, karena akses transportasinya sangat sulit dijangkau dengan kendaraan umum," kata juru bicara KPU Kabupaten Kupang, Johanis Tunbonat kepada Antara di Oelamasi, Jumat (12/4).

Tunbonat yang ditemui di Oelamasi, pusat pemerintahan Kabupaten Kupang, sekitar 38 km arah timur Kota Kupang mengatakan empat kecamatan tersebut adalah Amfoang Timur, Amfoang Utara, Amfoang Barat Daya dan Amfoang Barat Laut.

Dia mengatakan, KPU Kabupaten Kupang sedang berkoordinasi dengan para ketua PPK di empat kecamatan itu terkait mekanisme pendistribusian logistik pemilu yang dinilai aman apakah menggunakan transportasi laut atau darat.

"Kami belum bisa pastikan apakah menggunakan sarana transportasi apa yang digunakan dalam mendistribusikan logistik pemilu ke Amfoang. Semuanya tergantung kondisi cuaca dalam tiga hari ke depan," katanya.

Kendati demikian, KPU Kabupaten Kupang telah berkoordinasi dengan ASDP Kupang untuk membantu distribusi logistik pemilu ke kawasan perbatasan apabila terjadi kondisi cuaca buruk sehingga tidak bisa menggunakan transportasi darat.

Ia mengatakan jika menggunakan transportasi laut juga memiliki risiko karena logistik pemilu harus dibongkar lagi ketika tiba di Pelabuhan Naikliu, sebelum diangkut dengan truk ke masing-masing wilayah kecamatan.

"Kami masih mempertimbangkan untuk menggunakan jalur darat agar distribusi logistik pemilu aman dan langsung ke kecamatan tanpa harus dibongkar lagi di pelabuhan," ujarnya dan mengharapkan agar kondisi cuaca dalam beberapa hari ke depan bisa bersahabat.

Baca juga: KPU Kupang prioritaskan distribusi logistik pemilu ke wilayah Amfoang
Baca juga: Warga Amfoang belum lakukan perekaman e-KTP
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar