Jasa Raharha jamin asuransi bagi kapal pengangkut ziarah Semana Santa

id paskah

para petugas Jasa Raharja sedang melayani para penumpang di Pelabuhan Bolok Kupang yang hendak berziarah di Larantuka, Flores Nusa Tenggara Timur, Kamis (18/4). (ANTARA FOTO/istimewa)

Kapal feri pengangkut para peziarah yang mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka, ajib mendapat jaminan perlindungan asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja.
Kupang (ANTARA) - Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero), Nusa Tenggara Timur Prastio Surahmanto mengatakan, kapal feri pengangkut para peziarah yang mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka, Flores Timur wajib mendapat jaminan perlindungan asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja.

"Kami memberikan perlindungan jaminan kecelakaan terhadap kapal-kapal pengangkut penumpang yang mengikuti ziarah selama kegiatan Paskah berlangsung," kata Prastio Surahmanto ketika dihubungi Antara di Kupang, Kamis (18/4).

Ia mengatakan, semua kapal yang telah menandatangani kerja sama dengan PT Jasa Raharja dipastikan mendapat perlindungan asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja.

Kapal pengangkut yang dilindungi asuransi merupakan kapal yang telah mengantongi izin resmi dari instansi berwenang.

Dikatakannya, iuran wajib yang dipungut khusus bagi kapal-kapal penumpang yang sah karena telah mendapat izin resmi dari Syahbandar dan Dinas Perhubugan Kabupaten Flores Timur.

"Terhadap kapal-kapal penumpang yang melakukan ziarah Paskah namun tidak mendapat izin dari syahbandar tentu tidak mendapat jaminan asuransi dari Jasa Raharja," kata Prastio.

Prastio mengatakan, sejak 1 Juli 2017, pemerintah telah memberlakukan Peraturan Menteri Keuangan No. 15/PMK.010/2017 tentang besar santunan dan iuran wajib dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang alat angkutan penumpang.

Sehingga wajib hukumnya bagi pengusaha angkutan umum untuk menyalurkan iuran wajib yang telah dipungut dari penumpang kepada Badan Asuransi yang ditunjuk oleh Menteri dalam hal ini Jasa Raharja.

"Bagi para penumpang yang mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka, Flores Timur mendapat perlindungan asuransi Jasa Raharja selama melakukan kegiatan ziarah laut dan darat di ujung timur Pulau Flores itu," kata Prastio menegaskan. 

Baca juga: Feature - Paskah dan Hamba Kebenaran
Baca juga: Mengenal Paskah Tradisional di Noemuti
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar