12 puskesmas prototipe dibangun di perbatasan Belu-Timor Leste

id Dinas Kesehatan Kabupate

12 puskesmas prototipe dibangun di perbatasan Belu-Timor Leste

Salah satu puskesmas prototipe yang dibangun pemerintah pusat di Haliwen, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/istimewa)

Pemerintah pusat telah membangun 12 puskesmas prototipe di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan wilayah bekas koloni Portugis, Timor Leste.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah pusat telah membangun 12 puskesmas prototipe di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan wilayah bekas koloni Portugis, Timor Leste.

"Dari 17 puskesmas yang kami miliki, ada 12 puskesmas prototipe di antaranya yang dibangun pemerintah pusat dengan dukungan dana afirmasi dari APBN," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu Theresia Saik di Kupang, Jumat (26/4).

Pihaknya mengapresiasi pembangunan puskesmas berstandar nasional itu karena bermanfaat mendukung peningkatan pelayanan kesehatan bagi warga di wilayah perbatasan dengan negara yang baru merdeka pada Mei 2002 itu.

Kehadiran puskesmas berstandar internasional di tepian nusantara itu juga untuk mendukung pemberian imunisasi bagi anak-anak balita yang menjadi salah satu isu strategis pelayanan kesehatan di perbatasan.

"Puskesmas-puskesmas ini kami optimalkan untuk mendukung penyaluran vaksin imunisasi yang kualitasnya terus terpantau dan terjaga dengan dilengkapi tempat penyimpanannya," katanya.

Theresia menambahkan layanan kesehatan untuk imunisasi berhasil diberikan 100 persen kepada 4.804 bayi di daerah setempat pada 2018.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam arahannya ketika menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang, Kamis (25/4), mengatakan pemerintah terus membenahi layanan kesehatan untuk masyarakat di berbagai pelosok daerah, termasuk di wilayah perbatasan dengan negara tetangga.

"Berbagai fasilitas, sarana, prasarana penunjang kesehatan, termasuk juga sumber daya manusia atau tenaga-tenaga kesehatan kita di daerah akan terus dibenahi untuk menghadirkan layanan kesehatan bermutu," kata dia.

Pada 2018, pemerintah membangun 256 puskesmas yang tersebar di 49 kabupaten di daerah tertinggal dan perbatasan, termasuk di Kabupaten Belu. Rencananya, pada 2019 Kementerian Kesehatan akan membangun 279 rumah sakit di daerah tertinggal dan perbatasan.

Baca juga: KemenPuPR bangun jembatan gantung untuk warga perbatasan
Baca juga: NTT-Timor Leste rintis kerja sama di perbatasan