39.000 balita di Kabupaten Kupang akan mendapat imunisasi

id imunisasi

39.000 balita di Kabupaten Kupang akan mendapat imunisasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Robert Amheka. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Robert Amheka menargetkan sebanyak 39.000 bayi berumur di bawah lima tahun (balita) mendapat imunisasi dasar lengkap secara gratis dalam tahun ini.
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Robert Amheka menargetkan sebanyak 39.000 bayi berumur di bawah lima tahun (balita) mendapat imunisasi dasar lengkap secara gratis dalam tahun ini.

"Berdasarkan data pada Dinas Kesehatan jumlah balita di Kabupaten Kupang sebanyak 39.000 orang. Anak-anak ini menjadi targetkan kami untuk dilakukan imunisasi lengkap pada 2019," kata Robert kepada wartawan di Oelamasi, Senin (6/5).

Robert mengatakan hal itu terkait implementasi program Kementerian Kesehatan dalam mewujudkan Indonesia Sehat melalui imunisasi lengkap bagi anak balita di wilayah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Robert menjelaskan program imunisasi dasar lengkap dilakukan pada anak balita di daerah ini mencakup pemberian imunisasi Hepatitis B, Tetanus, Pertusis, Polio, campak serta Difteri.

"Dalam kegiatan imunisasi ini semua anak balita akan diberikan imunisasi dasar lengkap sebagai upaya mengantisipasi munculnya beberapa penyakit yang dapat menggangu kesehatan selama anak balita dalam proses pertumbuhan," kata Robert.

Dia mengatakan, pelayanan imunisasi dasar lengkap terhadap anak balita dilakukan semua layanan kesehatan di daerah ini seperti Puskesmas, Pustu dan Posyandu.

Baca juga: Cakupan MR di NTT berada di urutan ke-4 nasional

"Kami sudah sampaikan kepada semua tenaga kesehatan di Puskesmas untuk melakukan imunisasi dasar bagi semua balita di Kabupaten Kupang secara gratis," kata Robert.

Robert optimistis 39.000 anak balita di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah kantung (enclave) Timor Leste, Oecusse ini mendapat layanan imunisasi dasar lengkap tahun 2019.

"Setiap bulan kami melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan balita di semua layanan kesehatan seperti Puskesmas, Pustu dan Posyandu sehingga anak-anak yang datang melakukan pemeriksaan bisa mendapat layanan imunisasi dasar lengkap secara gratis," demikian Robert Amheka. 

Baca juga: Imunisasi MR di Kabupaten Kupang baru mencapai 50 persen
Baca juga: NTT siapkan pos imunisasi campak di perbatasan