Gunung Mas dinilai paling siap jadi calon ibu kota negara

id kalimantan tengah

Gunung Mas dinilai paling siap jadi calon ibu kota negara

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi kawasan di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah pada Rabu (8/5/2019). (ANTARA FOTO/Rusman, Biro Pers-Setpres)

Presiden Joko Widodo menyebut Kabupaten Gunung Mas di Provinsi Kalimantan Tengah paling siap menjadi calon ibu kota negara baru, dimana kawasan tersebut pernah disebut Soekarno sebagai calon ibu kota Kalimantan Tengah.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebut Kabupaten Gunung Mas di Provinsi Kalimantan Tengah paling siap menjadi calon ibu kota negara baru, dimana kawasan tersebut pernah disebut Soekarno sebagai calon ibu kota Kalimantan Tengah.

"Kalau dari sisi keluasan, di sini mungkin paling siap. Mau minta 300 ribu hektare ya siap di sini. Kalau kurang masih tambah lagi juga siap," kata Presiden Jokowi, Rabu (8/5) di lokasi peninjauan yang berada di kawasan Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Presiden menyambangi "kawasan segitiga" yang menjadi calon wilayah ibu kota yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah. Wilayah di antara kota dan kabupaten tersebut sebelumnya disiapkan oleh Pemerintah Kalteng sebagai calon ibu kota baru.

Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno pernah memiliki visi untuk menjadikan salah satu wilayah di provinsi itu, yakni di Kota Palangka Raya, sebagai ibu kota. Menurut Presiden Jokowi, terdapat alasan khusus dari Presiden Soekarno memilih Palangka Raya sebagai lokasi calon ibu kota.

"Beliau dulu memilih kemungkinan kan juga pasti ada alasan-alasan khusus dan alasan besar. Itu yang juga dilihat. Enggak mungkin sebuah keputusan disampaikan tanpa sebuah argumentasi data dan fakta lapangan yang matang," demikian Kepala Negara dalam siaran pers dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin diterima Antara di Jakarta.

Presiden menilai kawasan tersebut memiliki resiko bencana yang kecil. Namun dia menjelaskan untuk pembangunan kesiapan infrastruktur harus dibangun dari awal. Kunjungan Presiden ke sejumlah calon ibu kota dilakukan untuk mendapatkan gambaran awal mengenai kelayakan wilayah-wilayah itu.

Nantinya, tim khusus akan kembali berkunjung untuk melakukan kajian dan kalkulasi mengenai kelayakannya sebelum pada akhirnya diambil keputusan untuk membangun sebuah ibu kota negara yang baru.

"Saya ini ke lapangan hanya satu (tujuan), mencari feeling-nya. Biar dapat feeling-nya. Kalau sudah dapat feeling-nya nanti kalkulasi dan hitung-hitungan dalam memutuskan akan lebih mudah. Kalau ke lokasi saja belum, mau dapat feeling dari mana," ujar Presiden.

Sejumlah pejabat yang turut hadir mendampingi Presiden yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan Djalil, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan Bupati Gunung Mas Arton Dohong.