Ekonomi NTT triwulan II/2019 diperkirakan tumbuh 5,60 persen

id ekonomi ntt

Gedung Bank Indonesia Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur di Jalan Raya El Tari Kupang. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Perekonomian NTT pada triwulan II tahun 2019 diperkirakan mengalami pertumbuhan pada kisaran 5,20-5,60 persen (yoy), meningkat dibanding kisaran pertumbuhan ekonomi pada triwulan I/2019 sebesar 4,90-5,30 persen (yoy).
Kupang (ANTARA) - Perekonomian Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada triwulan II tahun 2019 diperkirakan mengalami pertumbuhan pada kisaran 5,20-5,60 persen (yoy), meningkat dibanding kisaran pertumbuhan ekonomi pada triwulan I/2019 sebesar 4,90-5,30 persen (yoy).

Demikian hasil kajian ekonomi dan keuangan regional Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), oleh Bank Indonesia (BI) yang diterima Antara di Kupang, Selasa (14/5).

Menurut Bank Indonesia, akselerasi diperkirakan didorong oleh peningkatan konsumsi rumah tangga, seiring dengan momentum hari besar keagamaan nasional (HBKN) Idul Fitri pada Juni 2019, terutama untuk makanan dan minuman serta transportasi.

Adapun konsumsi terkait transportasi diperkirakan juga meningkat, terutama transportasi udara seiring banyaknya warga NTT dan pendatang pulang kampung ke berbagai kabupaten/kota.

Sementara itu, investasi/pembentukan modal tetap bruto (PMTB) diperkirakan tumbuh meningkat seiring banyak dimulainya proyek-proyek tahun berjalan pemerintah daerah.

Baca juga: Pertumbuhan ekonomi NTT alami perlambatan

Serta percepatan kelanjutan proyek strategis nasional dan meningkatnya penanaman modal oleh swasta, terutama pariwisata dan pertanian pasca pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Berdasarkan lapangan usaha (LU), akselerasi pertumbuhan diperkirakan disumbang oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan, administrasi pemerintahan serta jasa pendidikan.

Disisi lain, lapangan usaha konstruksi, perdagangan besar dan eceran serta informasi dan komunikasi diperkirakan tumbuh melambat.

Namun, pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2019 diperkirakan meningkat dibanding triwulan sebelumnya, serta lebih baik dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. 

Baca juga: Pengamat ekonomi apreasiasi NTT buka kantor perdagangan di Dili
Baca juga: Ekonomi NTT terus bertumbuh
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar