Kemenpar bantu fasilitas lampu taman

id Wisata SBD

Sejumlah wisatawan sedang berwisata di Danau Weekuri di Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

"Bantuan lampu taman senilai sekitar Rp100 juta lebih ini untuk melengkapi fasilitas objek wisata unggulan kami di Danau Weekuri dan Air Terjun Pabeti Lakera," kata Christofel Horo.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapatkan bantuan fasilitas berupa lampu taman dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk penataan dua objek wisata unggulan yaitu Danau Weekuri dan Air Terjun Pabeti Lakera.

"Bantuan lampu taman senilai sekitar Rp100 juta lebih ini untuk melengkapi fasilitas objek wisata unggulan kami di Danau Weekuri dan Air Terjun Pabeti Lakera," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten SDB, Christofel Horo kepada Antara ketika dihubungi dari Kupang, Sabtu (15/6).

Ia mengatakan pihaknya sedang memproses untuk penayangan melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) agar pemasangan fasilitas lampu taman tersebut segera dikerjakan dalam tahun ini.

Menurutnya, kehadiran fasilitas lampu taman tersebut akan mempercantik dua objek wisata unggulan dan memudahkan aktivitas kunjungan wisatawan.

"Dari aspek keamanan juga lebih baik karena lokasi wisata terang sehingga wisatawan bisa berada di sampai sore atau malam," katanya.

Christofel menjelaskan, objek wisata Danau Weekuri dan Air Terjun Pabeti Lakera merupakan bagian dari wisata alam unggulan di kabupaten setempat yang banyak dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Wisatawan mengeluh karena dipalak terus sama warga SBD

Kedua objek wisata ini, lanjutnya, menampilkan keunggulan berupa air danau dan air terjun yang jernih didukung panorama alam yang asri di sekitarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah telah melakukan penataan dengan membangun sejumlah fasilitas pendukung di objek wisata tersebut.

"Di Weekuri sudah dibangun jembatan dan spot-spot untuk wisatawan, kemudian kami juga bangun fasilitas parkir, trek jogging, lopo-lopo, dan tangga di Air Terjun Pabeti Lakera," katanya.

Ia menambahkan, untuk itu penambahan fasilitas bantuan berupa lampu taman tersebut akan semakin melengkapi objek wisata unggulan tersebut sehingga diharapkan wisatawan merasa lebih betah dan nyaman untuk berwisata.

Baca juga: Asita NTT minta bupati SBD atasi pungli di lokasi objek wisata
Baca juga: Pihak terkait dilibatkan dalam mengatasi pungli di SBD
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar