Petugas puskesmas dilatih atasi masalah kedaruratan

id puskesmas kupang

Petugas puskesmas dilatih atasi masalah kedaruratan

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe (berselendang) foto bersama para petugas medis di RSUD Naibonat dalam kegiatan pelatihan di Oelamasi, Senin (24/06/19). (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

"Para tenaga medis, khususnya tenaga honor, harus memiliki manfaat dan bekerja dengan maksimal dalam pelayanan kesehatan di daerah ini," kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.
Kupang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Naibonat di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, menggelar pelatihan penanganan kedaruratan bagi para petugas kesehatan dari 24 puskesmas dalam upaya mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi pasien yang membutuhkan penanganan segera. 

Saat membuka pelatihan di Oelamasi, Senin (24/6), Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengatakan petugas kesehatan di puskesmas harus mampu memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat secara tepat dan cepat.

Mantan wakil ketua DPRD Kabupaten Kupang itu berharap puskesmas bisa memberdayakan sumber daya yang dimiliki untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat setempat.

"Para tenaga medis, khususnya tenaga honor, harus memiliki manfaat dan bekerja dengan maksimal dalam pelayanan kesehatan di daerah ini. Jangan menerima tenaga honor hanya untuk sekedar tambah tenaga tapi tidak ada manfaatnya," katanya.

Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Robinson Fanggidae mengatakan pelatihan itu diselenggarakan karena kasus-kasus kesehatan yang membutuhkan penanganan dan perujukan secara cepat kini makin banyak di tingkat puskesmas.

"Kami akan melakukan sosialisasi di kecamatan dengan melibatkan masyarakat tentang bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang sifatnya darurat kepada pasien yang sifatnya emergency (darurat)," katanya.

Baca juga: Puskesmas Oesao naik status jadi RS Tipe D di Kabupaten Kupang
Baca juga: Empat puskesmas di Kabupaten Kupang jadi rujukan
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar