Bulog NTT beli 3,8 ton bawang merah dari petani

id Bawang Merah

Bulog NTT beli 3,8 ton bawang merah dari petani

Bulog Divre NTT telah membeli sebanyak 3,8 ton bawang merah dari para petani Nusa Tenggara Timur sejak Januari 2019. Komoditas tersebut dibeli dengan harga Rp25.000/kg dan dijual dengan harga Rp30.000/kg. (ANTARA FOTO/Arnas Padda/YU/ama).

Perum Bulog Divisi Regional Provinsi Nusa Tenggara Timur membeli sebanyak 3,8 ton bawang merah yang dihasilkan para petani lokal di provinsi setempat dari Januari 2019.
Kupang (ANTARA) - Perum Bulog Divisi Regional Provinsi Nusa Tenggara Timur membeli sebanyak 3,8 ton bawang merah yang dihasilkan para petani lokal di provinsi setempat dari Januari 2019.

"Sekitar 3,8 ton bawang merah yang kami serap ini dari para petani lokal di Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Kupang," kata Kepala Bulog Divre Provinsi NTT, Eko Pranoto kepada ANTARA di Kupang, Jumat (5/7). Komoditi bawang merah tersebut dibeli dengan harga Rp25.000/kg dan dijual dengan harga Rp30.000/kg.

Bawang merah yang terserap, lanjutnya, juga dimanfaatkan untuk kegiatan operasi pasar dalam rangka stabilisasi harga pada massa Hari Raya Idul Fitri yang sudah berlalu.

Menurutnya, hanya komoditi bawang merah yang bisa diserap sesuai hasil petani, sementara masih jarang dihasilkan para petani provinsi berbasiskan kepulauan itu. Eko mengatakan, penyerapan bawang merah lokal juga sangat disesuaikan dengan ketersediaan pasokan komoditi ini di pasaran.

"Karena bawang merah ini merupakan komoditi yang tidak bertahan lama sehingga tidak bisa kita serap dalam jumlah banyak kecuali harga di pasaran bergejolak," katanya.

Pihaknya menargetkan dalam 2019 ini akan menyerap sekitar 6 ton bawang merah dari petani lokal yang disesuaikan dengan massa panen di daerah-daerah produksi. "Yang terpenting tujuan kita untuk memastikan bahwa harga komoditi di pasaran tetap stabil dengan pasokan yang memadai," ujar Pranoto.

Baca juga: Bulog NTT serap 1,5 ton bawang merah dari petani Sabu Raijua
Baca juga: Petani Lembata panen 1,7 ton bawang merah