Para kepala desa di Flores Timur diwajibkan buat program penghijauan mata air

id flores timur

Para kepala desa di Flores Timur diwajibkan buat program penghijauan mata air

Wakil Bupati Flores Timur, Agus Payong Boli. (ANTARA FOTO/Dok)

Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mewajibkan para kepala desa di wilayah timur Pulau Flores itu untuk membuat program penghijauan mata air di daerahnya masing-masing.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mewajibkan para kepala desa di wilayah timur Pulau Flores itu untuk membuat program penghijauan mata air di daerahnya masing-masing.

"Kebijakan ini kami ambil untuk menjaga debit air pada sumber-sumber mata air yang terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun, akibat musim kemarau," kata Wakil Bupati Flores Timur Agus Payong Boli kepada ANTARA dari Larantuka, Rabu (24/7).

Ia mengatakan untuk menjaga debit mata air yang terus menurun setiap tahun, pihaknya telah memerintahkan para kepada para kepala desa untuk membuatkan program penghijauan mata air secara permananen di wilayah desanya masing-masing.

Selain itu, dengan dana desa, para kepala desa dapat membuat program tanam air resapan di setiap pekarangan rumah dan kebun. "Sebagai Ketua Kwatir Cabang Pramuka Kabupaten Flores Timur, saya juga telah membuat program Pramuka Rawat Bumi, yang mewajibkan semua anggota pramuka menanam tanaman resapan air," katanya.

Program resapan air ini dilaksanakan di seluruh sumber mata air yang ada di Kabupaten Flores Timur, menanam bakau dan terumbu karang di seluruh pantai dan laut di wilayah itu. Pemerintah Kabupaten Flores Timur memiliki stok anakan pohon beringin yang siap di tanam di daerah mata air.

"Kita punya stok anakan pohon beringin sekitar 10.000 anakan yang siap di tanam di daerah mata air, dan juga bakau dan terumbu karang," katanya dan menjelaskan hal yang menjadi dasar pertimbangan pemerintah adalah jika tidak di hijaukan sekarang, maka 5 - 10 tahun ke depan banyak mata air di Flores Timur akan mengering, dan wilayah pantai pun akan dilanda abrasi, serta rumah ikan pun akan mengalami kepunahan.

Baca juga: 10 sumur bor atasi kekeringan di Flores Timur
Baca juga: Kekeringan sebagai bencana di Flores Timur