Mungkinkah Kupang jadi kota wisata yang kondusif?

id wisata unggul

Mungkinkah Kupang jadi kota wisata yang kondusif?

Penjabat Sekda Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Ir. Elvianus Wairata (kedua dari kiri) ketika membuka kegiatan rapat kordinasi pembangunan sektor pariwisata di Kota Kupang. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, bertekad mewujudkan Kupang sebagai kota wisata yang kondusif di provinsi kepulauan ini dengan melakukan penataan kawasan wisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, bertekad mewujudkan Kupang sebagai kota wisata yang kondusif di provinsi kepulauan ini dengan melakukan penataan kawasan wisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan.

"Pembangunan pariwisata Kota Kupang merupakan sebuah agenda besar yang sedang dilakukan pemerintah daerah ini, apalagi Kota Kupang sangat strategis sebagai ibu kota Provinsi NTT, untuk itu sektor kepariwisataan harus dibenahi," kata Penjabat Sekda Kota Kupang Elvianus Wairata di Kupang, Rabu (24/7).

Ia menambahkan sinergitas lintas sektoral dalam pengembangan pariwisata memerlukan peran pemerintah dan pelaku usaha sebagai sektor pendukung untuk menciptakan pariwisata yang kondusif di daerah ini.

Ia mengatakan, kebijakan pembangunan dewasa ini diarahkan untuk mengembalikan hak-hak dasar masyarakat dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dari berbagai pembangunan, sedangkan pemerintah berperan sebagai fasilitator dalam rangka mendukung dan memberdayakan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat.

Dikatakannya, upaya yang dilakukan pemerintah dalam pengembangan usaha jasa di bidang kepariwisataan diarahkan untuk mewujudkan Kota Kupang sebagai kota wisata yang berkualitas dan berdaya saing melalui pengembangan dan pemanfaatan potensi wisata secara maksimal yang didukung sumber daya manusia yang berkualitas.

"Tentu tata kelola kepariwisataan yang baik, serta pembangunan pariwisata yang dikemas secara profesional dan menarik diharapkan dapat memuaskan wisatawan yang perlu dilakukan di daerah ini oleh berbagai pihak terkait," kata Elvianus Wairata.

Ia berharap adanya dukungan masyarakat serta berbagai instansi pemerintah maupun swasta serta pelaku wisata untuk bersama-sama pemerintah Kota Kupang melakukan penataan kawasan wisata yang bersih, aman dan nyaman dalam mewujudkan wisata Kota Kupang yang kondusif.

“Kota Kupang adalah kota transit untuk itu pariwisata harus diperhatikan secara serius sehingga wisatawan yang datang ke daerah ini nyaman selama mengunjungi kawasan wisata yang sangat beragam di daerah ini," kata Elvianus.

Baca juga: Situs Sejarah Kota Kupang Jadi Destinasi Wisata
Baca juga: Batu Kepala jadi destinasi wisata Kota Kupang
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar