Ternyata lima kabupaten/kota di NTT sudah tetapkan caleg terpilih 2019

id Pemilu 2019,Perolehan suara,Perolehan

Thomas Dohu. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Lima kabupaten/kota di daerah itu telah menetapkan kursi dan calon anggota legislatif terpilih hasil Pemilu 2019 untuk periode lima tahun ke depan.
Kupang (ANTARA) -
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Thomas Dohu mengatakan, lima kabupaten/kota di daerah itu telah menetapkan kursi dan calon anggota legislatif terpilih hasil Pemilu 2019 untuk periode lima tahun ke depan.


 


"Lima daerah yang menunda pleno penetapan caleg, sudah selesai menggelar pleno pada Sabtu, (10/8) dan Minggu, (11/8)," kata Thomas Dohu kepada ANTARA di Kupang, Senin (12/8).


 


Dia mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar perkembangan pelaksanaan pleno penetapan kursi dan calon anggota legislatif hasil Pemilu 2019 pada lima kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT).


 


Berdasarkan catatan, lima dari 22 kabupaten/kota di provinsi berbasis kepulauan itu, menunda pelaksanaan pleno penetapan caleg terpilih karena adanya gugatan dari partai politik ke Mahkamah Konstitusi (MK).


 


Menurut Thomas Dohu, setelah MK memutuskan untuk menolak seluruh permohonan dalam sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pekan lalu, KPU RI mengeluarkan surat kepada KPU untuk segera menetapkan calon.


 


"Kami sudah menindaklanjuti putusan MK, dengan memerintahkan KPU pada lima kabupaten/kota untuk menggelar pleno," katanya sembari menambahkan lima kabupaten/kota itu adalah Kota Kupang, Alor, Rote Ndao, Lembata dan Flores Timur.


 


Hanya saja, kata Thomas Dohu, belum ada laporan resmi mengenai hasil pleno dari lima daerah ini, karena kemungkinan pleno berlangsung hingga Minggu (11/8) malam.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar