Pengusaha belum manfaatkan waktu bongkar secara optimal

id pelindo iii tenau

Pengusaha belum manfaatkan waktu bongkar secara optimal

Pelabuhan Tenau Kupang. (ANTARA/Bernadus Tokan)

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tenau Kupang, Baharuddin mengatakan, para pengusaha belum memanfaatkan waktu secara optimal yang disiapkan Pelindo untuk kegiatan bongkar di Pelabuhan Tenau Kupang.
Kupang (ANTARA) - General Manager Pelindo III Pelabuhan Tenau Kupang, Baharuddin mengatakan, para pengusaha belum memanfaatkan waktu secara optimal yang disiapkan Pelindo untuk kegiatan bongkar di Pelabuhan Tenau Kupang.

"Dari waktu yang kami siapkan 1x24 jam, pengguna jasa baru memanfaatkan waktu 12 hingga 14 jam untuk kegiatan bongkar di pelabuhan," kata Haharuddin di Kupang, Rabu (18/9), terkait antrean bongkar di pelabuhan Tenau Kupang.

Dia mengemukakan, para pengguna jasa umumnya hanya memanfaatkan waktu bongkar mulai pukul 08.00 hingga pukul 22.00 WITA, selebihnya tidak ada aktivitas bongkar.

Padahal, pihaknya memberikan waktu selama 24 jam kepada para pengguna jasa untuk melakukan aktivitas bongkar, sehingga tidak ada penumpukkan di pelabuhan.

Baca juga: Belum saatnya menambah derek bongkar muat di Pelabuhan Tenau

Baharuddin berharap, dengan adanya penerapan sistem Delivery Order(DO) Online, untuk pengeluaran barang dari pelabuhan dapat mendorong para pengguna jasa untuk memanfaatkan waktu yang disediakan secara optimal.

"Kita berharap ke depan, dengan adanya penerapan sistem DO online ini, waktu yang disediakan bisa dimanfaatkan lebih optimal karena para pengusaha tidak perlu ke kantor lagi untuk mengurus administrasi, tetapi secara online sampai pada transaksi," jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini bongkar muat di Pelabuhan Tenau Kupang dalam satu jam, rata-rata 20 sampai 25 box atau peti kemas, dengan rata-rata waktu tunggu paling lama 3 sampai 4 jam.

Sementara dalam satu bulan, volume barang yang masuk dan keluar dari pelabuhan Tenau Kupang rata-rata tujuh ribu sampai delapan ribu box.

Baca juga: Bongkar muat di pelabuhan Tenau lambat
Baca juga: Aktivitas Bongkar Muat Meningkat Delapan Persen
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar