500 LPJU tidak berfungsi akibat akinya dicuri orang

id pencurian

500 LPJU tidak berfungsi akibat akinya dicuri orang

Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

"Ada 500 unit lampu tenaga surya untuk penerangan jalan umum yang tidak berfungsi karena beberapa fasilitasnya dicuri orang tidak bertanggung jawab," kata Wali Kota Kupang, Jefrison Riwu Kore.
Kupang (ANTARA) - Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore mengeluhkan akibat maraknya kasus pencurian aki lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya yang menyebabkan 500 unit lampu jalan di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur tidak berfungsi.

"Ada 500 unit lampu tenaga surya untuk penerangan jalan umum yang tidak berfungsi karena beberapa fasilitasnya dicuri orang tidak bertanggung jawab," kata Wali Kota Kupang, Jefrison Riwu Kore kepada wartawan di Kupang, Selasa (15/10).

Jefrison Riwu Kore mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah dalam membangun fasilitas penerangan jalan umum di Kota Kupang.

Ia mengatakan, banyaknya lampu penerangan jalan umum yang tidak berfungsi adalah jenis lampu tenaga surya karena aki untuk sumber energi listrik banyak yang digasak pencuri.

Baca juga: Pemkot Kupang pasang 2.000 lampu jalan
Baca juga: Pemerintah pusat hibahkan 175 lampu jalan kepada Kota Kupang


Pemerintah Kota Kupang menurut Jefrison Riwu Kore, telah mengantisipasi terjadinya kasus pencurian aki lampu tenaga surya dengan mengelas tempat penyimpanan aki sehingga tidak mudah dicuri.

"Tempat penyimpangan aki untuk lampu tenaga surya yang masih berfungsi semuanya dilas sehingga tidak mudah digasak para pelaku pencurian," katanya.

Ia mengatakan, beberapa pelaku pencurian sudah ada yang diproses secara hukum di Kepolisian.
Pemerintah Kota Kupang mengelas tempat penyimpanan aki LPJU tenaga surya yang masih berfungsi agar tidak digasak pencuri. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Baca juga: Pemerintah pusat hibahkan 175 lampu jalan kepada Kota Kupang
Baca juga: Kupang mulai terasa terang di malam hari


Jefrison mengatakan, pemerintah Kota Kupang juga sedang mengebut pembangun lampu penerangan jalan umum dengan menggunakan jaringan listrik milik PLN guna mengganti fasilitas lampu penerangan jalan umum tenaga surya yang sudah tidak berfungsi.

"Pada tahun 2019 ini ada 1.000 lampu penerangan jalan umum yang dibangun sehingga pada Desember 2019 Kota Kupang akan tampil lebih terang pada malam hari," tegas Jefrison Riwu Kore.