Musim tanam sudah dekat, petani diminta siapkan lahan

id petani musim tanam di ntt

Musim tanam sudah dekat, petani diminta siapkan lahan

Seorang petani sedang menyiapkan lahan pertanian. (ANTARA/istimewa.)

Para petani sudah diimbau, dan pemerintah juga sekarang terus melakukan monitoring gerakan olah lahan di daerah-daerah, untuk memastikan bahwa lahan pertanian sudah siap untuk ditanam
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur  telah mengeluarkan imbauan kepada para petani, untuk segera menyiapkan lahan pertanian, mengingat musim tanam 2019/2020 sudah di depan mata.

"Para petani sudah diimbau, dan pemerintah juga sekarang terus melakukan monitoring gerakan olah lahan di daerah-daerah, untuk memastikan bahwa lahan pertanian sudah siap untuk ditanam," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), John Oktavianus di Kupang, Sabtu.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan kesiapan petani untuk menanam pada musim tanam tahun 2019/2020 ini, mengingat musim tanam segera tiba.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melaporkan, wilayah NTT akan segera memasuki awal musim hujan pada November 2019 ini.

John Oktavianus menambahkan, Pemerintah NTT akan memberikan bantuan benih ke daerah-daerah yang membutuhkan benih pada musim tanam ini.
Baca juga: Ribuan hektare persawahan di NTT masih merana
Baca juga: Penangkaran Benih Untuk Musim Tanam 2017-2018


Menurut dia, bantuan benih untuk sejumlah daerah di NTT sudah dikirim dan sudah berada di tangan petani, dan sebagian lagi masih dalam perjalanan ke daerah. Sementara bantuan berupa pupuk akan disalurkan sesuai dengan jadwal kebutuhan petani.

"Jadi ada bantuan benih dan juga pupuk untuk daerah-daerah dan akan dilayani sesuai dengan permintaan," kata Oktavianus.

Dia berharap, para petani bisa lebih siap, agar bisa melakukan penananam tepat waktu, sehingga hasil produksi bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. 
 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar