Lahan untuk Istana Presiden di Jayapura sudah siap

id jembatan youtefa

Lahan untuk Istana Presiden di Jayapura sudah siap

Abisai Rollo bersama istri ketika hendak hadir dalam peresmian Jembatan Merah Putih Youtefa oleh Presiden Jokowi, Senin (28/10/2019). (ANTARA/Alfian Rumagit)

Tokoh adat Port Numbay Abisai Rollo menyebutkan bahwa lahan untuk pembangunan Istana Kepresidenan di Kota Jayapura, Papua sudah siap.
Jayapura (ANTARA) - Tokoh adat Port Numbay Abisai Rollo menyebutkan bahwa lahan untuk pembangunan Istana Kepresidenan di Kota Jayapura, Papua sudah siap.

"Sudah siap," kata Abisai Rollo didampingi istrinya, Y. Wamuar menjawab pertanyaan wartawan ketika hendak masuk lokasi peresmian Jembatan Merah Putih Youtefa, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Senin (28/10).

Abisai yang juga Ketua DPRD Kota Jayapura itu, datang dengan menggunakan setelan kemeja putih celana panjang hitam serta ikat kepala burung cendrawasih yang menunjukkan dirinya sebagai tokoh adat di Papua.

Ia hanya menebarkan senyuman ketika diminta waktu lima menit untuk diwawancara dan terus berjalan menuju tenda untuk tamu undangan.

Abisai Rollo yang hadir di Istana Negara beberapa waktu lalu bersama puluhan tokoh asal Papua, menghibahkan tanah seluas 10 hektare untuk pembangunan Istana Kepresidenan di Kota Jayapura.

Baca juga: Papua Terkini - Merindukan Istana Presiden di Tanah Papua
Baca juga: Jokowi dijamu Raja Salman di Istana Pribadi


Presiden Jokowi dan rombongan telah tiba di Kota Jayapura setelah mengunjungi Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Dalam agendanya di ibu kota Provinsi Papua itu, Jokowi akan meresmikan Jembatan Merah Putih Youtefa yang dibangun sejak 2015.

Peletakan batu pertama pembangunan jembatan itu dilakukan oleh Joko Widodo saat menjabat sebagai Presiden periode 2014-2019.

Pembangunan jembatan yang berada di atas Teluk Youtefa tersebut, menghabiskan anggaran sekitar Rp1,8 triliun.

Panjang bentang utama Jembatan Youtefa mencapai 732 meter dan menghubungkan kawasan utama Kota Jayapura dan Distrik Muara Tami. Lebar Jembatan Youtefa 21 meter dengan jalan panjang penghubung 10 kilometer.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik sembilan gubernur di Istana Negara