PLBN Wini Habiskan Rp130 Miliar

id PLBN

PLBN Wini Habiskan Rp130 Miliar

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT

"Pembangunan PLBN tersebut merupakan bagian dari program nawacitanya Presiden Joko Widodo yang mulai membangun Indonesia dari pinggiran," kata Andre Koreh.
Kupang  (Antara NTT) - Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara menghabiskan dana sebesar Rp130 miliar dari APBN.

"Alokasi dana untuk pembangunan PLBN Wini dibagi dalam dua termin, yakni Rp19,5 miliar untuk tahun anggaran 2016, dan Rp110,8 miliar untuk tahun anggaran 2017," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nusa Tenggara Timur Andre W Koreh di Kupang, Selasa, (21/3).

Menurut dia, pembangunan PLBN Wini anggarannnya lebih besar jika dibandingkan dengan PLBN Mota Ain di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu yang hanya menghabiskan Rp82 miliar di atas hamparan lahan seluas 8,03 hekatare.

Sementara luas bangunan PLBN Wini mencapai 5.025,7 meter persegi dengan luas bangunan utama PLBN mencapai 4.292 meter persegi.

"Perbedaan ini bukan karena apa-apa, tetapi tergantung dari disain arsitekturnya terhadap model dan bentuk setiap PLBN yang disesuaikan pula dengan kondisi dan karakteristik wilayah dan keberadaan PLBN tersebut," katanya.

Tujuannya, kata dia, agar bisa mengakomodir berbagai latar adat dan budaya serta bentuk rumah adat seperti "Lopo" (rumah adat khas Timor Tengah Utara) yang juga dimiliki oleh masyarakat adat Oecusse.

Menurut dia, model dan bentuk rumah adat bukan menjadi ukurannya, tetapi bagaimana mendisain sebuah PLBN yang manfaatnya untuk kepentingan ekonomi bagi kedua negara, terutama warga yang bermukim di tapal batas.

Ia menambahkan upaya pemerintah untuk membangun empat dari sembilan PLBN yang ada di perbatasan RI-Timor Leste, bukan untuk gagah-gagahan, tetapi bagaimana menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan perbatasan.

Keempat PLBN yang telah dan sedang dibangun di perbatasan RI-Timor Leste adalah PLBN Mota Ain, PLBN Metamasin di Kabupaten Belu, PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara dan PLBN Oepoli di Amfoan Timur, Kabupaten Kupang.

Pembangunan PLBN tersebut merupakan bagian dari program nawacitanya Presiden Joko Widodo yang mulai membangun Indonesia dari pinggiran.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar