Kematian ternak babi perlu segera dilaporkan

id kematian babi ntt

Kematian ternak babi perlu segera dilaporkan

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur Dani Suhadi. (ANTARA)

Warga diimbau untuk melaporkan kematian mendadak ternak babi menyusul merebaknya penularan virus demam babi Afrika (African Swine Flu/ASF) di negara tetangga Timor Leste.
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dani Suhadi mengimbau warga melaporkan kematian mendadak ternak babi menyusul merebaknya penularan virus demam babi Afrika (African Swine Flu/ASF) di negara tetangga Timor Leste.

"Ketika ada kasus sakit dan kematian ternak babi milik warga yang terjadi mendadak, kami imbau agar segera melaporkan ke Dinas Peternakan Kota/Kabupaten maupun provinsi," katanya kepada ANTARA di Kupang, Jumat (1/11).

Dia mengatakan, Dinas akan menindaklanjuti laporan warga mengenai kematian mendadak ternak babi dengan menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan dan tindakan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit hewan.

Baca juga: Puluhan ekor babi mati di Kupang, tapi bukan karena virus ASF
Baca juga: Para peternak diminta waspada terhadap flu Babi Afrika


Kasus seperti kematian puluhan babi milik warga Kelurahan Maulafa di Kota Kupang beberapa waktu lalu, menurut dia, harus segera dilaporkan ke Dinas Peternakan supaya bisa segera diselidiki penyebabnya.

Menurut hasil penyelidikan awal, kematian ternak babi di Maulafa penyebabnya bukan virus demam babi Afrika melainkan diare.

"Tetapi untuk kematian ternak yang tidak biasa, kami minta agar segera dilaporkan pemiliknya sehingga Tim Respons Cepat Kesehatan Hewan langsung dikerahkan ke lapangan untuk identifikasi dan tindak lanjut," kata Dani.

Dani sekali lagi mengimbau peternak segera melaporkan kasus kematian ternak mendadak supaya dinas bisa sejak dini mendeteksi penyebabnya dan mencegah penyebaran penyakit.

"Selain laporan langsung kepada dinas terkait, warga juga bisa melaporkan lewat nomor telepon tim respons cepat 085239051331," katanya.

Baca juga: NTT tangkal virus demam babi Afrika di perbatasan
Baca juga: Timor Tengah Utara perketat pemeriksaan pelintasan ternak dari Timor Leste