Sejumlah wilayah NTT dilanda kekeringan ekstrem

id kekeringan

Sejumlah wilayah NTT dilanda kekeringan ekstrem

Apolinaris Geru. (ANTARA/Bernadus Tokan)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), masih mengalami kekeringan ekstrem.
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), masih mengalami kekeringan ekstrem.

"Hasil analisis kondisi terkini dan prediksi monitoring Hari Tanpa Hujan berturut-turut (HTH) Dasarian III Oktober 2019, pada umumnya wilayah NTT mengalami HTH dengan kategori kekeringan ekstrem," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru di Kupang, Sabtu (2/11).

Walaupun, menurut dia di beberapa wilayah NTT juga telah memasuki kategori hari hujan (HH) dan kategori HTH sangat pendek (1 hingga 5 hari).

Beberapa wilayah yang mengalami HTH dengan kategori kekeringan ekstrem (>60 hari) yaitu di Kabupaten Ngada di sekitar Aimere dan Mataloko, Kabupaten Nagekeo sekitar Rendu.

Baca juga: 70 ton beras untuk petani gagal panen di Kabupaten Kupang
Baca juga: Rambangaru dilanda kekeringan meteorologis terpanjang


Kabupaten Ende di sekitar wilayah Bokasape dan Wolojita, Kabupaten Sikka di sekitar Waigete dan Nangablo, Kabupaten Flores Timur di sekitar Konga dan Kota Larantuka.

Kabupaten Lembata di sekitar Wairiang dan Lewoleba, Kabupaten Sumba Barat di sekitar Kabukarudi, Kabupaten Sumba Timur di sekitar Waingapu, Wanga, Kanatang, Kawangu, Nggongi, Kananggar, Lambanapu, Melolo, Rambangaru, Ori Angu dan Kamanggih.

Kabupaten Sabu Raijua di sekitar Tardamu dan Daieko, Kabupaten Rote Ndao di sekitar Ba’a, Busalangga, Feapopi, Olafulihaa, Papela dan Batutua, Kota Kupang sekitar Sikumana, Bakunase, Oepoi, Manulai, Naioni dan Mapoli.

Kabupaten Kupang di sekitar wilayah Oekabiti, Baun, Sulamu, Baumata dan Naibonat, Kabupaten Timor Tengah Selatan di sekitar Panite, Oebelo, Kuatnana, Batu Putih, Oelbubuk dan Netpala.

Kabupaten Timor Tengah Utara di sekitar wilayah Eban, Oenenu, Sap’an dan Lurasik, Kabupaten Malaka di sekitar Biudukfoho, Besikama, Kaputu, dan Sulit Kereana, serta Kabupaten Belu sekitar Atambua, Weluli, Umarese, Fatukmetan dan Fatulotu.

Menurut dia, hari tanpa hujan terpanjang di alami wilayah Rambangaru, Kabupaten Sumba Timur yakni 229 hari.

Baca juga: Kekeringan ekstrem landa NTT
Baca juga: Seluruh kecamatan di Timor Tengah Selatan dilanda kekeringan
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar