Pemerintah dorong pembentukan desa wisata unggulan di Manggarai Barat

id pembangunan pariwisata

Pemerintah dorong pembentukan desa wisata unggulan di Manggarai Barat

Wakil Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Maria Geong. (ANTARA FOTO/HO-Wakil Bupati Manggarai Barat)

Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong akan terus mendorong setiap pemerintah desa di wilayah kerjanya untuk mengembangkan desa wisata unggulan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong mengatakan pihaknya mendorong setiap pemerintah desa di wilayahnya untuk mengembangkan desa wisata unggulan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pembentukan desa wisata sebagai salah satu program Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi wisata premium, yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat lebih cepat berkembang," kata Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong ketika dihubungi dari Kupang, Kamis (7/11).

Maria Geong menegaskan hal itu terkait upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

Ia mengatakan Pemkab Manggarai Barat telah menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor penggiring pembangunan karena pariwisata mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Manggarai Barat bentuk 55 desa wisata
Baca juga: Desa Oenggaut kembangkan wisata dengan memanfaatkan dana desa


Menurut Maria Geong, Pemkab Manggarai Barat telah membentuk 55 desa wisata sebagai upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan di kabupaten ujung barat Pulau Flores ini.

Dikatakannya, sektor pariwisata menjadi pilihan karena perkembangannya cenderung cepat tumbuh dalam menunjang perekonomian masyarakat apabila dibandingkan dengan sektor lainnya.

Kabupaten Manggarai Barat, kata Maria Geong, memiliki banyak potensi wisata alam yang indah, pertanian, atraksi budaya, serta potensi wisata laut, yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Ia mengatakan pemerintah desa harus bisa membentuk masyarakat sadar wisata sehingga ketika sudah ada objek wisata di desa setempat, maka masyarakat bisa mengembangkan kreativitas melalui usaha kuliner, seperti membuat olahan makanan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang datang berkunjung ke daerah itu.

Baca juga: Desa Pledo bentuk Perdes kelola wisata bahari
Baca juga: Desa Mata Air kembangkan potensi pariwisata
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar