Penghargaan dari Kemenkes untuk Fatukoa

id penghargaan

Penghargaan dari Kemenkes untuk Fatukoa

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, dr. Retnowati. (ANTARA Foto/Benny Jahang).

Kelurahan Fatukoa di wilayah Kecamatan Maulafa mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan karena sukses melaksanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2019.
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dr. Retnowati mengatakan Kelurahan Fatukoa di wilayah Kecamatan Maulafa mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) karena sukses melaksanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2019.

"Kami merasa bangga karena satu dari 51 kelurahan di Kota Kupang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan karena berhasil mengimplementasikan program STBM dengan sukses sehingga mendorong masyarakat dalam mengubah prilaku higenis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat," jelas Retnowati di Kupang, Senin (11/11).

Retnowati mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kota Kupang guna membangun kesadaran masyarakat dalam pola hidup bersih dan sehat melalui ketersediaan MCK yang sehat.

Baca juga: Kellaba Madja NTT Raih Penghargaan
Baca juga: Fary Francis Terima Penghargaan dari Menpora Timor Leste


Menurut dia, pemerintah Kota Kupang terus mendorong masyarakat terutama di kawasan pingiran untuk menyiapkan MCK dengan stop buang air besar sembarangan (SBS) serta menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Pemerintah Kota Kupang terus mendorong masyarakat untuk menerapkan prilaku higenitas dan saniter melalui pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

"Program STBM dilakukan secara serius oleh masyarakat Kelurahan Fatukoa sehingga sukses meraih penghargaan dari Kemenkes pada 2019 ini. Bahkan kasus penyakit menular di daerah itu menurun setelah ada program STBM," terangnya.

Ia mengatakan, sebagian besar warga Fatukoa telah memiliki MCK sehat yang dibangun secara mandiri oleh masyarakat.

"Kami mengapresiasi terhadap masyarakat Fatukoa yang memiliki kepedulian untuk membangun MCK sehat secara mandiri. Kelurahan Fatukoa memiliki tiga MCK model yang dibangun melalui pendekatan STBM," tambahnya.

Baca juga: Labuan Bajo Peroleh Penghargaan Terfavorit Dunia
Baca juga: A Crude Injustice raih 12 penghargaan internasional