Romo Siprianus ditetapkan sebagai Uskup Ruteng

id Uskup Ruteng,(

Romo Siprianus ditetapkan sebagai Uskup Ruteng

Romo Siprianus Hormat, Pr ditetapkan sebagai Uskup Ruteng oleh Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (13/11/2019). (ANTARA FOTO/HO-istimewa).

Paus Fransiskus di Vatikan menetapkan Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Siprianus Hormat, Pr (53) sebagai Uskup Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur.
Kupang (ANTARA) - Paus Fransiskus di Vatikan menetapkan Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Siprianus Hormat, Pr (53) sebagai Uskup Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pengumuman penetapan Uskup Ruteng di Pulau Flores itu dilakukan dalam ibadat sabda yang berlangsung di Gereja Katedral Ruteng, Kabupaten Manggarai, Rabu (13/11) malam.

Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng, Romo Alfonsius Segar, Pr membacakan secara langsung surat dari Duta Besar Vatikan untuk Indonesia tentang penetapan Romo Siprianus Hormat sebagai Uskup Ruteng.

Surat keputusan itu dibacakan di hadapan ratusan umat Katolik, para pastor, biarawan, serta biarawati yang menghadiri ibadat sabda pengumuman penetapan Uskup Ruteng.

Baca juga: Paus Fransiskus Menerima Pengunduran Diri Uskup Ruteng
Baca juga: Vatikan tunjuk Ewaldus jadi Uskup Maumere


Surat keputusan penetapan Romo Siprianus Hormat, Pr sebagai Uskup Ruteng itu ditujukan kepada Uskup Denpasar Mgr. Silvester San, Pr sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng setelah mundurnya Uskup Ruteng Huber Leteng pada 2017.

Romo Siparinus Hormat yang lahir di Cibal, Kabupaten Manggarai pada 16 Juli 1966 saat ini sebagai Sekretaris Eksekutif KWI di Jakarta.

Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng, Romo Alfonsius Segar, Pr yang dihubungi ANTARA dari Kupang, Rabu (13/11) malam mengatakan penahbisan terhadap Uskup Ruteng akan berlangsung di Ruteng pada Maret 2020.

"Penahbisan Romo Siprianus Hormat sebagai uskup akan dilaksanakan tiga bulan setelah pengumuman penetapan uskup terplih berlangsung," kata Romo Alfonsius Segar.

Ia mengatakan umat Katolik di wilayah Keuskupan Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat sangat gembira menyambut keputusan Sri Paus yang menetapkan Romo Siprianus Hormat sebagai Uskup Ruteng. 

Baca juga: Romo Ewaldus resmi jadi Uskup Maumere
Baca juga: Uskup Agung: Keamanan Beribadah Bentuk Kehadiran Negara
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar