Jenazah pekerja migran asal NTT Reinaldo tiba di Kupang

id jenazah pmi ntt

Jenazah pekerja migran asal NTT Reinaldo tiba di Kupang

Sejumlah petugas cargo Bandara El Tari Kupang sedang mengangkat peti jenazah pekerja migran asal Ende, Reinaldo Wangge saat tiba di Kupang, Selasa, (26/11/2019). (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Satu lagi jenazah pekerja migran asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Reinaldo Wangge (30),Selasa (26/11) tiba di Kupang, dengan menggunakan pesawat GA 438 dari Jakarta.
Kupang (ANTARA) - Satu lagi jenazah pekerja migran asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Reinaldo Wangge (30),Selasa (26/11) tiba di Kupang, dengan menggunakan pesawat GA 438 dari Jakarta.

Jenazah disambut Kepala BP3TKI Kupang, Siwa serta Sekretaris II Jaringan Nasional Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang (JarNas Anti TPPO), Gabriel Goa bersama Suster Laurentina dan Pdt Emi Sahertian.

Berdasarkan surat pengantar dari Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur, jenazah pekerja migran itu adalah Reinaldo Wangge (30 tahun).

Almarhum berasal dari Desa Koanara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores.

Baca juga: Jenazah pekerja migran asal NTT tiba di Kupang
Baca juga: Dua jenazah PMI NTT dari Malaysia tidak terdata


Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Siwa mengatakan, Reinaldo merupakan jenazah ke 106 asal NTT.

"Ini merupakan jenazah pekerja migran NTT ke 106 pada tahun 2019 ini," katanya.

Menurut dia, pada tahun 2017, jumlah PMI yang meninggal dunia dan dikirim ke NTT berjumlah 62 orang jenazah, meningkat menjadi 105 pada tahun 2018.

PMI yang meninggal dunia di luar negeri ini, umumnya adalah mereka yang berangkat ke berbagai negara tujuan untuk mencari kerja, tanpa melalui prosedur resmi.

Karena itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menekan jumlah korban adalah mendorong tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri melalui prosedur resmi.

Hanya dengan melalui jalur resmi, setiap PMI yang dikirim mendapat perlindungan selama berada di negara tujuan, katanya menjelaskan. 

Baca juga: 64 jenazah PMI asal NTT yang meninggal di luar negeri
Baca juga: Jenazah pekerja migran ke 105 asal NTT tiba di Kupang
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar