PLN tanam 6.000 anakan pohon di Pulau Sumba

id hari menanam pohon,penanaman pohon sumba

PLN tanam 6.000 anakan pohon di Pulau Sumba

Kegiatan penanaman ribuan anakan pohon dari PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur di Pulau Sumba yang menyebar di dua kabupaten di antaranya Sumba Barat Daya dan Sumba Barat. (ANTARA/Dok. Humas PT PLN (Persero) UIW NTT)

"Kegiatan penanaman ribuan anakan pohon kami kerja sama dengan Yayasan Donders dengan perincian di Sumba Barat Daya ada 4.000 anakan pohon dan Sumba Barat 2.000 anakan pohon,
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan penanaman 6.000 anakan pohon di dua kabupaten di Pulau Sumba guna memperingati Hari Menanam Pohon 2019.

"Kegiatan penanaman ribuan anakan pohon kami kerja sama dengan Yayasan Donders dengan perincian di Sumba Barat Daya ada 4.000 anakan pohon dan Sumba Barat 2.000 anakan pohon," kata Manajer Senior Bidang SDM dan Umum PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Provinsi NTT, Lukas Tarigan, di Kupang, Jumat.

Dia menjelaskan, anakan pohon yang ditanam di antaranya anakan pohon durian, rambutan, lengkeng, sawo, kemiri sunan, mangga, sukun, dan kurma.

Selain menggelar penanam pohon, PLN juga menyediakan dana bantuan sosial untuk pembuatan lubang biopori di 6.000 titik.

Baca juga: Warga Mata Air tanam 2.800 pohon bakau di Pantai Sulamanda
Baca juga: PLN-Indonesia Power kelolah pembangkit EBT di NTT


Lukas mengatakan, penanaman pohon di Pulau Sumba juga ditujukan untuk mendukung perbaikan lingkungan di sekitar pembangkit listrik PLN.

Anakan pohon itu diharapkan bisa tumbuh dan menyimpan air, sehingga para musim kemarau tidak ada gangguan persediaan air yang menghambat kegiatan produksi listrik.

"Harapan kami debit air di Lokomboro, yang diproduksi di Lokomboro untuk dua kabupaten dapat meningkat untuk pelayanan kelistrikan yang lebih baik," kata Lukas.

Dia meminta warga setempat memelihara anakan pohon yang ditanam agar bisa tumbuh besar dan mendatangkan manfaat bagi mereka.

Kegiatan menanam pohon tersebut juga dilakukan serentak oleh 21 unit kerja PLN se-Indonesia dengan total anakan yang ditanam 21.000 dalam upaya mendukung upaya mitigasi perubahan iklim.

Khusus di Pulau Sumba, kata dia, kegiatan diisi pula dengan penyerahan bantuan fasilitas pendidikan berupa 20 laptop kepada SMK Pariwisata Bakti Luhur Tambolaka, Sumba Barat Daya.
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar