1.000 nelayan Kota Kupang dapat perlindungan asuransi

id asuransi nelayan

1.000 nelayan Kota Kupang dapat perlindungan asuransi

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man (tengah) menyerahkan secara simbolis bantuan kapal ikan dan sarana penangkapan ikan bagi para nelayan di Kota Kupang, Rabu (4/12/2019). (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

"Ada 1.000 nelayan di Kota Kupang yang telah mengantongi kartu nelayan dan mendapat perlindungan asuransi Kusuka dari pemerintah pusat," kata Orson Nawa..
Kupang (ANTARA) - Dinas Perikanan Kota Kupang telah mengansurasikan sebanyak 1.000 nelayan di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur lewat Kartu Pelaku Usaha Perikanan dan Kelautan (Kusuka).

"Ada 1.000 nelayan di Kota Kupang yang telah mengantongi kartu nelayan dan mendapat perlindungan asuransi Kusuka dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson Nawa kepada ANTARA di Kupang, Rabu (4/12).

Ia mengatakan asuransi terhadap 1.000 orang nelayan di ibu kota provinsi NTT ini ditanggung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Baca juga: Nelayan Kupang didorong untuk ikut asuransi
Baca juga: 1.000 nelayan Kupang ikut program perlindungan asuransi


Ia mengatakan para nelayan yang telah mengantongi kartu nelayan dan asuransi dari pemerintah pusat itu dipastikan mendapat perlindungan asuransi apabila terjadi musibah saat melakukan aktivitas di laut.

"Apabila ada nelayan yang mengalami kecelakaan saat melaut maka secara otomatis mendapat perlindungan asuransi, karena sudah masuk dalam data nelayan yang mendapat perlindungan asuransi," tegasnya.

Menurut dia, proses distribusi dana asuransi terhadap nelayan yang mengalami musibah dilakukan melalui rekening bank milik nelayan yang telah mendapat perlindungan jaminan asuransi dari pemerintah.

"Dana asuransi bagi nelayan yang tertimpa kecelakaan didistribusikan dari pemerintah pusat melalui rekening nelayan bersangkutan," tegas Orson Nawa.

Pemerintah Kota Kupang kata dia terus mendorong para nelayan di daerah ini untuk mengurus kartu nelayan sehingga bisa mendapat perlindungan asuransi.

Baca juga: Nelayan Hansisi mulai mendapat perlindungan asuransi
Baca juga: 6.500 nelayan Kabupaten Kupang belum ikut asuransi
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar