Angin kencang hancurkan fasilitas wisata di Waijarang, Lembata

id angin kencang

Angin kencang hancurkan fasilitas wisata di Waijarang, Lembata

Salah satu pondok wisata dalam kawasan wisata Waijarang, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur hancur total akibat terjangan angin kencang, Minggu (29/12/2019). (ANTARA FOTO/HO- Dinas Kominfo Lembata)

"Angin kencang disertai hujan lebat telah mengakibatkan rusaknya berbagai fasilitas umum dalam kawasan wisata Waijarang," kata Karel Kia Burin..
Kupang (ANTARA) - Hujan lebat disertai angin kencang melanda kawasan wisata Waijarang di Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengakibatkan berbagai fasilitas umum dalam kawasan wisata itu rusak total.

"Angin kencang disertai hujan lebat telah mengakibatkan rusaknya berbagai fasilitas umum dalam kawasan wisata Waijarang. Berbagai pondok wisata yang dibangun pemerintah Lembata di kawasan wisata itu rusak total," kata Sekretaris Dinas Infokom Kabupaten Lembata Karel Kia Burin kepada Antara, Minggu (29/12).

Karel Burin mengatakan angin kencang disertai hujan lebat melanda wilayah Kabupaten Lembata pada Minggu siang mengakibatkan berbagai fasilitas wisata dalam lokasi wisata Waijarang, 10 km dari Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata, rusak.
Pohon-pohon diterpa angin kencang terlihat di dekat sebuah pantai saat badai tropis Sarai di Viseisei, Fiji, Jumat (27/12/2019), dalam gambar yang didapatkan dari media sosial. Foto diambil tanggal 27 Desember 2019. (YOGACHARYA P R MOHANAN/via REUTERS/pd/cfo)
Saat peristiwa itu berlangsung, kata Karel Burin, banyak warga Lewoleba yang datang ke Pantai Waijarang untuk berwisata usai merayakan hari raya Natal 25 Desember lalu.

Karel Burin mengatakan kerugian akibat rusaknya berbagai fasilitas dalam kawasan wisata Waijarang yang dikelola Pemerintah Lembata itu mencapai Rp300 juta lebih.

"Berbagai fasilitas seperti pondok wisata dan tempat-tempat kuliner rusak total karena diterjang angin kencang," kata Karel Burin.

Ia mengatakan, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka namun hanya mengakibatkan kerusakan pada fasilitas umum yang telah dibangun pemerintah Kabupaten Lembata. 
Petir menyambar kawasan kampung nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kertajati mengimbau warga untuk waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang saat memasuki musim hujan. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)