78 kali gangguan listrik di NTT akibat pohon tumbang

id Pohon tumbang di NTT

78 kali gangguan listrik di NTT akibat pohon tumbang

Sebuah pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik di wilayah Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/HO-Humas PLN UIW NTT)

"Gangguan pohon ini terjadi selama masa cuaca buruk yaitu pada Desember 2019 sebanyak 38 kali dan pada Januari 2020 sudah 40 kali," kata Margaretha Yupukoni..
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur mencatat sekitar 78 kali peristiwa gangguan listrik terjadi akibat pohon tumbang selama kondisi cuaca buruk yang melanda wilayah provinsi setempat.

"Gangguan pohon ini terjadi selama masa cuaca buruk yaitu pada Desember 2019 sebanyak 38 kali dan pada Januari 2020 sudah 40 kali," kata Manager Komunikasi PT PLN (Persero) UIW NTT Margaretha Yupukoni di Kupang, Kamis (16/1)..

Dia menjelaskan, gangguan listrik terjadi akibat pohon tumbang maupun ranting pohon yang patah akibat hujan dan angin kencang kemudian menimpa jaringan listrik di berbagai wilayah provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Meski demikian, gangguan yang berdampak pada padamnya listrik tidak berlangsung lama karena para petugas PLN di lapangan langsung dikerahkan melakukan pembersihan dan perbaikan jaringan yang rusak.
Pohon besar tumbang menutup jalan di tengah Kota Kupang. ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur dan merusakkan jaringan listrik di sekitarnya akibat dihantam angin kencang. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/foc)
"Selama masa cuaca buruk akhir-akhir ini memang kami juga terus siaga dan sesegera mungkin melakukan pemulihan ketika terjadi gangguan listrik," katanya.

"Dia mengatakan dalam fenomena gangguan listrik seperti ini pihaknya mengimbau masyarakat setempat agar merelakan pohon miliknya yang berada di sekitar jaringan listrik akan dipangkas petugas PLN.

Masyarakat jangan melakukan penebangan sendiri tetapi melaporkan ke PLN setempat agar pemangkasan pohon dapat diawasi sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Prinsipnya kami berharap pengertian dan kerja sama baik dari masyarakat sehingga sebisa mungkin mengurangi penyebab gangguan listrik selama masa cuaca buruk," katanya.*
Tim penyelamat dari Kantor SAR Kupang sedang mengevakuasi salah seorang korban yang tertimpa pohon tumbang akibat longsor di Desa Oelomin, Kabupaten Kupang, NTT, Senin (27/8/2019) malam dan merusakkan pula jaringan listrik di wilayah tersebut. (ANTARA Foto/Benny Jahang). 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar