Brimob NTT gelar latihan pengamanan Pilkada 2020

id Pengamanan Pilkada

Brimob NTT gelar latihan pengamanan Pilkada 2020

Latihan pengamanan Pilkada 2020 oleh anggota Satuan Brimob Polda NTT di Kupang, Jumat (17/1/2020). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Brimob Polda NTT telah menyiapkan pasukannya untuk mengamankan jalannya Pilkada di sembilan kabupaten di NTT.
Kupang (ANTARA) - Satuan Brimob Polda Nusa Tenggara Timur menggelar latihan bersama untuk mengantisipasi terjadinya kekacauan saat pelaksanaan Pilkada 2020 yang akan berlangsung di sembilan kabupaten di wilayah provinsi berbasis kepulauan itu.

Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol Ferdinand M Pasule kepada wartawan di Kupang, Kamis (16/1) mengatakan bahwa Brimob Polda NTT telah menyiapkan pasukannya untuk mengamankan jalannya Pilkada di sembilan kabupaten di NTT.

"Kita selalu siap mengamankan kapan pun masyarakat membutuhkan pengamanan di wilayah Nusa Tenggara Timur ini," katanya.

Dalam kesempatan latihan pengamanan pilkada itu, sejumlah personel diturunkan, mulai dari personel detasemen Gegana, Batalyon A Pelopor dan Batalyon B Pelopor.

Ferdinand mengatakan bahwa latihan bersama itu merupakan bagian dari melatih kesiapan seluruh personel dalam menghadapi kemungkinan kekacauan yang terjadi saat pelaksanaan pilkada serentak nanti.

Baca juga: Untuk kebutuhan Pilkada 2020, KPU NTT rekrut 4.481 petugas pemilu
Baca juga: Parpol harus selektif usung figur dalam Pilkada


"Kemampuan yang dilatih terdiri dari penindakan huru hara, tempur hutan, antiteror serta latihan penjinakan bom jika ditemukan adanya bom di lapangan saat pelaksanaan pilkada," ujar dia.

Namun ujar dia, empat kemampuan yang dilatihkan dalam pelatihan bersama itu disesuaikan dengan kebutuhan pada saat akan melaksanakan tugas pengamanan pilkada pada tahun 2020 itu.

"Namun tentu saja itu hanyalah beberapa dari banyak lagi kemampuan yang dimiliki personil Sat Brimobda NTT," ujar dia.

Ia juga menambahkan keberhasilan dan kelancaran proses pilkada merupakan hal yang mutlak harus dapat diraih oleh Pemerintah Indonesia secara khusus Polda NTT.

Namun tentu saja upaya yang dilakukan oleh seluruh personil Polri secara umum tetap membutuhkan sumbangsih dari masyarakat di provinsi berbasis kepulauan itu.

KPU telah mengumumkan sembilan kabupaten di NTT akan mengelar pilkada serentak pada 2020 mendatang, yakni Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Ngada di Pulau Flores, Sumba Timur, Sumba Barat di Pulau Sumba, Kabupaten Sabu Raijua, serta Belu, Malaka dan Timor Tengah Utara (TTU) di Pulau Timor.