Pimpinan OPD diharapkan profesional dalam mengelola anggaran

id dana pembangunan daerah

Pimpinan OPD diharapkan profesional dalam mengelola anggaran

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

"Kami berharap dalam pengelolaan anggaran 2020 dikelola secara profesional untuk kepentingan percepatan pembangunan di Kabupaten Kupang," kata Jerry Manafe..
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe berharap para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah kerjanya mampu mengelola anggaran 2020 secara profesional agar tepat sasaran sehingga mampu menggerakan ekonomi masyarakat setempat.

"Kami berharap dalam pengelolaan anggaran 2020 dikelola secara profesional untuk kepentingan percepatan pembangunan di Kabupaten Kupang," kata Jerry Manafe di Oelemasi, sekitar 38 km timur ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu, (22/1).

Jerry Manafe mengatakan hal itu terkait pengelolaan anggaran 2020 setelah pemerintah menyerahkan 84 dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) bagi seluruh perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Kupang.

Baca juga: Dana Desa untuk Kabupaten Kupang naik Rp2 miliar
Baca juga: Dana Desa 2020 untuk Kabupaten Kupang akan dipercepat pencairannya


Dia mengatakan, pimpinan OPD harus mampu bekerja cepat dan serius dalam menyukseskan kegiatan pembangunan sesuai program Revolusi 5P yakni berkerja secara revolusioner pada bidang Pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan kelautan dan pariwisata.

"Pemerintah Kabupaten Kupang telah menetapkan program revolusi 5P dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Kupang. Kami yakin pembangunan ekonomi masyarakat akan bergerak cepat pada 2020 ini karena telah didukung anggaran yang memadai,"tegas Jerry Manafe.

Menurut dia, program 5P pada 2019 belum menggeliat karena anggaran pembangunan 2019 sudah ditetapkan sebelum Korinus Masneno-Jerry Manafe dilantik menjadi bupati dan wakil bupati Kupang.

"Kami optimistis pada 2020 pembangunan di Kabupaten Kupang mulai menggeliat karena dukungan anggaran pembangunan untuk menyukseskan program revolusi 5P tersedia," tegasnya.

Baca juga: 15 kabupaten di NTT belum realisasikan dana desa tahap ketiga
Baca juga: 160 desa telah merealisasikan LPJ dana desa
Kepala Bagian Humas, Setda Kabupaten Kupang Marta Para Ede (kanan) menerima DPA 2020 yang diserahkan Bupati Kupang Korinus Masneno di Kupang, beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/HO-Humas Setda Kabupaten Kupang)

Menurut Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kupang ini, setiap OPD perlu membangun kerjasama dan kolaborasi dengan pihak terkait sehingga program dan kegiatan pembangunan yang dilakukan dapat dilaksanakan dengan baik.

"Semua OPD harus mulai bergerak dan bekerja secara serius untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Kupang. Pemerintah harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Jerry Manafe.